oleh

Sewa Kios Pasar Talang Kelapa Puluhan Juta, PD Pasar Klaim Tak Ada Pungli

PALEMBANG I Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya Palembang memastikan tidak ada pungutan liar (pungli) terhadap biaya sewalos/lapak  Pasar Talang Kelapa yang juga belum beroperasi hingga sekarang meski proyek pembangunan telah selesai dikerjakan februari lalu.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Palembang, Apriadi S  Busri mengatakan, tidak ada jual beli dalam penyewan kios dan lapak pasar talang kelapa, karena sewa menyewa akan diatur dalam Peraturan Walikota (Perwali) Palembang yang akan diterbitkan.

“Kalau ada oknum yang mengatasnamakan PD Pasar itu tidak benar. Karena hingga sekarang PD Pasar belum melakukan proses sewa menyewa karena masih menunggu sk walikota, kalau ada yang melakukan pungi silakan laporkan,”kata Apriadi.

Dikatakan Apriadi, sewa menyewa kios dan lapak tidak akan memberatkan para pedagang. Karena peagang kenakan berkisar  Rp 3- 4 juta pertahun sesuai dengan ukuran lapak dan los yang tersedia. Sedangkan retribusi setiap hari yang akan dikenakan kepada para pedagang nanti Rp 5 ribu rupiah.

Ia berharap Walikota Palembang segera mengeluarkan SK pengelolaan Pasar Talang Kelapa sehingg pasar ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena warga Talang Kelapa sangat jauh untuk membeli kebutuhan sehari-hari ke Pasar tradisional seperti KM 4,5 dan lainnya.

Dalam menciptakan pasar yang sehat dan bersih, pihaknya bersama dengan pedagang mengelar gotong royong setiap hari minggu dengan berkeliling diseluruh pasar, sehingga dengan ini pasar akan menjadi lebih, aman, nyaman dan sehat.

“Program ini dalam rangka menyukseskan  Palembang EMAS  2018 swerta menghadapi penilain adi pura kencana pada tahun ini,”urainya.

Sementara itu, Shanti Warga Talang Kelapa Palembang mengaku, diminta uang puluhan juta untuk dapat menempati  los/lapak yang tersedia, oknum tersebut mengatasnamakan koperasi pasar, oleh karena itu ia berharap PD pasar melakukan proses sewa menyewa Pasar agar para pedagang tidak ada yang ditipu.

“Kami berharap pemerintah segera meresmikan pasar Talang Kelapa, karena pasar ini sudah sangat mendesak, apalagi proses pengerjaan sudah dilakukan,”tukasnya. (Supardi)

Komentar

Berita Lainnya