oleh

Tradisi Rentak Batanghari, Upaya Merawat Keharmonisan

PALEMBANG | Sumatera Selatan memiliki keberagaman tradisi dan budaya di sepanjang tepian sembilan sungai [Musi, Komering, Ogan, Lematang, Batanghari Leko, Lakitan, Kelingi, Rawas, Rupit] yang disebut “Sembilan Batanghari”. Keberagaman itu terwujud dari bahasa, tradisi, dan seni.

“Keberagaman tersebut merupakan warna harmoni kebudayaan di Sumatera Selatan, yang menjadi inspirasi para seniman atau para pekerja seni,” kata Aufa Syahrizal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, terkait Pagelaran Seni Tradisi Rentak Batanghari, yang digelar pada 5-7 November 2021, di Taman Budaya Sriwijaya, Jakabaring, Palembang.

Kegiatan ini diselenggarakan UPTD Taman Budaya Sriwijaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan.

Pagelaran Seni Tradisi Rentak Batanghari, kata Aufa, merupakan ajang ekspresi nilai-nilai, khususnya nilai keindahan dan keharmonisan, yang disampaikan para seniman yang menetap di berbagai wilayah di sepanjang “Sembilan Batanghari”.

“Harapan kami kegiatan ini dapat mendorong para seniman dan penggiat budaya terus berkarya, dan sekaligus menjaga, merawat, melestarikan dan mengembangkan tradisi dan budaya di Sumatera Selatan,” kata Aufa.

Ada 12 komunitas komunitas seni dari berbagai daerah di Sumatera Selatan yang tampil dalam Pagelaran Seni Tradisi Rentak Batanghari, yang berlangsung dari 6-7 November 2021, dari pukul 09.30-17.00 WIB.

Jumat [6 November 2021], tampil Sanggar Metanika [Kabupaten Muaraenim], Sanggar Sebimbing Sekundang [Kabupaten Ogan Komering Ulu], Sanggar Kakang Dindo [Kabupaten OKU Selatan], Sanggar Putri Sakayu [Kabupaten Muba], dan Sunting Emas Smandalan [Kabupaten PALI].

Sabtu [7 November 2021], tampil Tim Kesenian Empat Lawang Kreatif [Kabupaten Empat Lawang], Sanggar Sebiduk Sehaluan [Kabupaten OKU Timur], Sanggar Garjita [Kabupaten Ogan Ilir], Tim Kesenian Trisula Lahat [Kabupaten Lahat], Sanggar Seni Studio Lingga [Kota Lubuklinggau], Tim Kesenian Palembang Nian [Kota Palembang], serta Triza Galery [Kabupaten Ogan Ilir]. (Romi)

Komentar

Berita Lainnya