pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Tingkatkan Kapasitas Petani melalui Sekolah Lapang Iklim Tematik

292
×

Tingkatkan Kapasitas Petani melalui Sekolah Lapang Iklim Tematik

Sebarkan artikel ini
Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) telah mengadakan acara pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik pada Kamis, 27 Juli 2023
pemkab muba

Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) telah mengadakan acara pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik pada Kamis, 27 Juli 2023, di Aula Hotel Grand Ranggonang Sekayu. Kegiatan ini merupakan inisiatif untuk memberikan pemahaman tentang iklim bagi petani, khususnya dalam konteks pertanian di daerah tersebut. Kabupaten Muba, yang merupakan sentra tanaman padi, mengakui pentingnya pengetahuan tentang iklim sebagai faktor pembatas pertumbuhan tanaman.

Pj Bupati Muba, H. Apriyadi, menyampaikan bahwa pemahaman yang baik tentang iklim dan bercocok tanam harus ditingkatkan untuk para petani. Pengetahuan ini dapat meningkatkan produksi padi di daerah tersebut. Oleh karena itu, Pemkab Muba sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan SLI Tematik yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan.

Dalam tema “Peduli Iklim Waspada Kondisi Ekstrem untuk Selamatkan Bangsa,” acara SLI Tematik bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang perubahan iklim yang semakin nyata dan berdampak pada sektor pertanian, salah satunya melalui kejadian cuaca ekstrem yang sering terjadi. Informasi dan pemahaman yang cukup tentang perubahan iklim ini diharapkan dapat membantu petani dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, sehingga mereka dapat mengoptimalkan potensi yang menguntungkan dan mengurangi dampak merugikan dari perubahan iklim.

Widyaiswara Utama BMKG, Dr. Urip Haryoko, menyampaikan bahwa SLI Tematik ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman petani terhadap informasi cuaca dan iklim yang disediakan oleh BMKG. Dengan pemahaman yang lebih baik, petani di Kabupaten Muba diharapkan dapat mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapi perubahan cuaca dan iklim, sehingga produktivitas pertanian dapat ditingkatkan dan ketahanan pangan dapat terjaga.

Kegiatan SLI Tematik ini diharapkan memberikan banyak manfaat bagi para petani dan menghasilkan penyuluh yang baik untuk membantu masyarakat petani dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan cuaca yang semakin kompleks di masa depan. Dengan demikian, diharapkan produksi pertanian di Kabupaten Muba akan terus meningkat dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani dan masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *