pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Nasional

Tercatat Hingga Pertengahan Desember, Sebanyak 363 Tenaga Medis dan Kesehatan Meninggal Dunia

162
×

Tercatat Hingga Pertengahan Desember, Sebanyak 363 Tenaga Medis dan Kesehatan Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi_Edisi_Khusus_Corona_-_1-2020_08_14-21_31_56_f5913c41d31d27f81c95d7e782189adc_620x413_thumb
pemkab muba

Beritamusi.co.id | Hari ini Tim Mitigasi IDI mengumumkan pembaruan data tenaga medis yang wafat akibat Covid 18. Dari Maret hingga pertengahan Desember 2020 ini, terdapat total 363 petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat terinfeksi Covid, yang terdiri dari 202 dokter dan 15 dokter gigi, dan 146 perawat.

Para dokter yang wafat tersebut terdiri dari 107 dokter umum (4 guru besar), dan 92 dokter spesialis (7 guru besar), serta 2 residen, dan 1 dalam verifikasi yang keseluruhannya berasal dari 24 IDI Wilayah (provinsi) dan 92 IDI Cabang (Kota/Kabupaten).

Kenaikan jumlah kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan ini sebagaimana dikatakan oleh Dr Adib Khumaidi, SpOT selaku Tim Mitigasi PB IDI, merupakan salah satu dampak dari peningkatan jumlah penderita Covid baik yang dirawat maupun yang OTG (Orang Tanpa Gejala).

Menurutnya, Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) yang baru saja selesai juga menjadi potensi fluktuasi naiknya angka penularan Covid.

“Kami mengimbau masyarakat dan kepala daerah serta pendukungnya untuk menghindari proses aktifitas yang melibatkan berkerumunnya massa. Dan bagi setiap orang untuk memeriksakan kesehatannya apabila terdapat gejala, dan melakukan testing meskipun juga tanpa gejala,” kata Adib.

Tim Mitigasi IDI berharap para pemimpin daerah yang terpilih untuk memprioritaskan penanganan Pandemi Covid dengan meningkatkan upaya preventif dan kemampuan layanan fasilitas kesehatan seraya melindungi para tenaga medis dan kesehatan.

Tim Mitigasi IDI juga menghimbau masyarakat agar meski vaksin Covid sudah tersedia, namun untuk perlindungan maksimal maka setiap orang harus tetap menjalankan protokol kesehatan karena situasi penularan Covid di Indonesia saat ini sudah tidak terkendali.

“Tingginya lonjakan pasien Covid serta angka kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan menjadi peringatan kepada kita semua untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan (3M). Dengan mengabaikan protokol kesehatan, maka Anda tidak hanya mengorbankan keselamatan diri sendiri namun juga keluarga dan orang terdekat termasuk orang di sekitar. Pandemi ini akan berlalu dengan kerjasama seluruh pihak,’katanya.

Dr Drg Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menghimbau masyarakat agar memperhatikan kebersihan gigi dan mulutnya untuk menghindari penularan Covid.

“Selain menjaga imunitas tubuh, perlu diperhatikan juga kebersihan mulut dan gigi terutama mengingat penularan utama Covid adalah melalui droplet atau cairan dari mulut. Tetap gunakan masker baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, rajin mencuci tangan, dan jaga jarak,” ingatnya.

Harif Fadhilah, S.Kp, SH, M.Kep, MH selaku Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menjelaskan bahwa berdasarkan data, selain perawat yang bertugas di Rumah Sakit, para petugas kesehatan (perawat) yang bertugas di Puskesmas merupakan yang gugur terbanyak kedua.

Hal ini menandakan bahwa Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama masih memiliki perlindungan yang kurang memadai bagi tenaga kesehatan.

“Kami berharap pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Dinas Kesehatan daerah setempat yang bertanggung jawab terhadap pelayanan Puskesmas juga meningkatkan perlindungan di fasilitas kesehatan tersebut dengan menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) dengan jumlah yang memadai serta perlengkapan fasilitas lainnya untuk mengatasi jumlah lonjakan pasien Covid yang saat ini banyak terjadi di hampir semua wilayah di Indonesia,” tegas Harif.

Berikut Data yang Meninggal Berdasarkan data propinsi:

Jawa Timur 41 dokter, 2 dokter gigi, dan 43 perawat,

DKI Jakarta 31 dokter, 5 dokter gigi dan 21 perawat,

Sumatra Utara 24 dokter dan 3 perawat,

Jawa Barat 20 dokter, 4 dokter gigi, dan 19 perawat,

Jawa Tengah 21 dokter dan 22 perawat,

Sulawesi Selatan 7 dokter dan 3 perawat,

Banten 7 dokter dan 2 perawat,

Bali 6 dokter,

DI Aceh 6 dokter dan 2 perawat, Kalimantan Timur 5 dokter dan 3 perawat,

Riau 5 dokter,

DI Yogyakarta 6 dokter dan 2 perawat,

Kalimantan Selatan 4 dokter, 1 dokter gigi,  dan 6 perawat,

Sumatra Selatan 4 dokter dan 5 perawat,

Kepulauan Riau 3 dokter dan 2 perawat,

Sulawesi Utara 3 dokter,

Nusa Tenggara Barat 2 dokter dan 1 perawat,

Sumatra Barat 1 dokter, 1 dokter gigi, dan 2 perawat,

Kalimantan Tengah 1 dokter dan 2 perawat,

Lampung 1 dokter dan 1 perawat,

Maluku Utara 1 dokter dan 1 perawat,

Bengkulu 1 dokter,

Sulawesi Tenggara 1 dokter dan 2 dokter gigi,

Papua Barat 1 dokter

Papua 2 perawat,

Nusa Tenggara Timur 1 perawat,

Kalimantan Barat 1 perawat, serta

DPLN (Daerah Penugasan Luar Negeri) Kuwait 2 perawat

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *