oleh

Talkshow Jantung Sehat Melawan Covid 19, Ini Pesan dr Edo

PALEMBANG | Pandemi Covid-19 menimbulkan kegelisahan pada banyak kalangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun, terlepas dari langkah dan tindakan tepat yang diambil pemerintah dalam menangani pandemi, kita wajib menyadari betapa berbahayanya virus ini.

Disaat pandemi seperti ini, hal penting yang tak boleh terlupakan adalah menjaga jantung agar tetap sehat.

Menurut Dokter Alexander Edo Tondas SpJp FIHA saat Talkshow di Rumah sakit R.K. Charitas dengan tema “jantung sehat melawan covid 19” mengatakan, dirinya telah menyadari ancaman Covid-19 sejak pertama kali menyebar di Wuhan, China.

“Jantung harus dilindungi. Karena banyak pasien yang meninggal karena covid 19 itu yang terkena penyakit jantung, organ tubuh seperti jantung bisa lemah kondisinya jika terinfeksi Covid-19,” ucapnya.

Menurutnya, pada umumnya orang-orang yang rentan terhadap virus corona adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah, termasuk pengidap penyakit jantung.

“Covid-19 terutama menyerang paru-paru, dan jika paru-paru sudah mengalami infeksi, akan berdampak pada jantung. Virus ini juga dapat mengarah ke jantung,” jelasnya.

Menurutnya, para penderita jantung jangan takut untuk berobat karena kalau tidak bisa membahayakan dirinya jika kita melakukan pencegahan, termasuk cuci tangan, memakai masker, tidak menyentuh apapun (termasuk wajah) maka kita tidak perlu khawatir terpapar virus di rumah sakit.

“Walau Covid-19 menjadi wabah, penyakit lain juga tidak boleh diabaikan,”terangnya.

“Berdasarkan data, 80 persen orang yang dirawat di ruang gawat darurat karena Covid-19 ternyata juga memiliki penyakit jantung.”

Ia menyarankan kepada masyarakat agar tidak lupa menjaga kesehatan tubuh, termasuk jantung.

“Orang kadang lupa, kita harus mengecek kondisi kesehatan, bagi yang sudah memiliki obat silahkan lanjutkan konsumsi obatnya jangan lalai,” katanya.

Dokter Edo juga mengajak seluruh masyarakat yang ada di Indonesia khususnya Kota Palembang harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat. “Kita harus percaya kalau covid-19 ini benar-benar ada, tapi kita juga jangan berkecil hati karena semua badai dan pandemi ini akan segera berlalu,” ungkapnya.

Sementara itu, dr. Selviana selaku moderator juga mengingatkan kepada masyarakat harus menjaga hidup sehat, memakai masker, menjaga jarak, terus mencuci tangan, dan jangan lupa untuk terus berpikir positif agar imun didalam tubuh tetap kuat.

Berdasarkan pantauan Talkshow yang dilaksanakan secara virtual dengan aplikasi zoom ini dihadiri peserta lebih kurang dari 100 peserta. (Mirna)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya