oleh

Tak Taat Prokes Stasiun Lahat Larang Penumpang Naik Kereta

Lahat | Libur panjang, arus mudik melalui jalur transportasi darat meningkat untuk itu, stasiun kereta api Kabupaten Lahat mewajibkan para penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan dan melengkapi diri dengan hasil PCR/SWAB/Rapid test (sesuai dengan aturan yang berlaku).

Kepala stasiun Lahat, Amancik mengatakan, penumpang diwajibkan menggunakan masker, menggunakan face shield sepanjang perjalanan kereta api. Sampai dengan area kedatangan di stasiun tujuan.

Untuk pemeriksaan rapid test katanya, stasiun juga telah menyediakan dan penumpang bisa melakukan rapid tes sehari sebelum berangkat dengan biaya Rp 85.000.

Menurutnya, PT KAI juga menyediakan face shield secara cuma-cuma kepada penumpang kereta api jarak jauh. Untuk penumpang anak-anak dibawah umur 3 tahun diimbau membawa face shield sendiri. Penumpang juga dikatakanya wajib menggunakan pakaian pelindung (pakaian lengan panjang atau jaket).

“Menjaga diri sendiri dengan cara mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan face shield dan masker dari stasiun dan tidak menempati tempat duduk yang dilarang,” tegasnya.

Ia mengatakan, apabila penumpang tidak mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku maka penumpang tersebut tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan kereta api. Calon penumpang diimbau datang lebih awal ke stasiun paling lambat 60 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta. 

Selain itu, ada syarat wajib lainnya yakni bagi penumpang kereta api, hanya dapat memesan tiket kereta H-7 sebelum keberangkatan.

Selain itu, stasiun hanya melayani pembelian tiket go show (tidak melayani pemesanan), “Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan dan calon penumpang juga harus dipastikan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, demam, batuk, pilek) dan suhu badan penumpang tidak boleh lebih dari 37,3° C,” ujar Amancik, Rabu (28/10/2020). (Safitri)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya