oleh

Sumsel Prediksi Terima 2,1 Juta Vaksin Corona, Ini Persiapan Dinkes

Beritamusi.co.id | Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (Sumsel) menyiapkan tempat penyimpanan vaksin di 342 puskesmas untuk memudahkan distribusi dan vaksinasi. Sumsel diprediksi terima 2,1 juta vaksin di tahap pertama dari 5,5 juta yang diajukan.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumsel Yusri di Palembang mengatakan, pihaknya menyiapkan petugas khusus yang sudah terlatih melakukan vaksinasi termasuk di puskesmas wilayah pelosok. “Secara sarana dan petugas, Dinkes Sumsel sudah siap mendistribusikan vaksin,” ujarnya, Rabu (16/12/2020).

Yudi menjelaskan, lemari pendingin tempat penyimpan vaksin yang disiapkan bukan pengadaan baru. Namun pernah digunakan untuk menyimpan berbagai vaksin dalam berbagai program kesehatan dari Kemenkes.

Sementara Sumsel diperkirakan mendapat 2,1 juta vaksin Covid-19 untuk tahap pertama dari 5,5 juta kebutuhan yang diajukan. Menurutnya sisa kebutuhan vaksin akan dipenuhi pada tahapan berikutnya.

Rencananya vaksin buatan Sinovac akan tiba di Sumsel pada Januari 2021 dan mulai didistribusikan ke puskesmas serta rumah sakit pelayanan vaksin 17 kabupaten/kota pada Februari 2021.
“Vaksin akan dikirim dari Jakarta ke Dinkes Sumsel, kemudian didistribusikan ke kabupaten/kota,” kata Yusri.

Ia menjelaskan seluruh dinas kesehatan di Sumsel memiliki pengalaman mumpuni dalam proses vaksinasi yakni saat sukses menjalankan vaksinasi Measies Rubella (MR) pada 2019 sebanyak 2,3 juta dosis.

Menurutnya, faktor penghambat proses vaksinasi secara teknis terbilang kecil. Namun faktor keraguan masyarakat terhadap kehalalan vaksin yang berpotensi menghambat vaksinasi. “Makanya label halal sangat penting supaya masyarakat yakin,” katanya. (sumsel.inews.id)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya