oleh

Singapore Ingin Berinventasi ke Palembang

PALEMBANG I Tim konsulat Singapore menyampaikan keinginannya untuk untuk berinvestasi dan bekerjasama dengan Pemerintah  Palembang hal ini terungkap saat mereka melakukan kunjungan ke rumah dinas Walikota Palembang Jumat (7/4/2016).

Konsulat Jenderal Singapore, Mark low menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah pernah ke Palembang dua tahun lalu. Kedatangannya kali ini, sudah sangat banyak sekali kemajuan dari sektor pembangunan yang telah berjalan. Kemajuan terjadi diberbagai bidang mulai dari traportasi seperti proyek LRT, hotel, gedung bertingkat dan lainnya.

Menurut Mark, Palembang mempunyai banyak potensi yang bisa dikembangkan. Salah-satu yang diliriknya, denganelaksanakan kerjasama beberapa area. Seperti training (pelatihan) dimana Pemkot bisa mengirim pegawai ke Singapore, city planning (perencanaan kota).“Clean water teknologi dan meneliti asap yang sangat mengganggu setiap tahunnya. Kita sudah sampaikan soal penawaran ini kepada Pemkot Palembang,”ujarnya.

Pihaknya berharap supaya tahun ini tidak terulang lagi banyaknya asap yang menggumpal di udara Palembang dan negara tetangga lainnya. “Kita bisa kerjasama dengan mengontrol lebih awal kondisi udara dan potensi asap dan pihaknya juga bekerjasama dengan Pemprov Sumsel,”ujarnya.

Dijelaskannya, pihaknya sudah mempunyai sistem di bagian ligkungan untuk menamggulangi asap. Berharap akan ada kerjasama dari Singapore untuk pencegahanya Rencana kerjasama ini sudah terlambat tapi sebelum ada api sudah bisa melaksanakan kerjasama, seperti membuat sistem penanganan asap, dan lainya. Penangan asap tersebut, Sudah dilaksanakan di daerah Jambi.

Sudirman Tegoeh, staf ahli ekonomi pembangunan dan investasi Pemkot Palembang menambahkan, tim konsulat Singapore mengajak kerjasama untuk mengadakan suatu pelatihan terutama mengenai penanggulangan bencana, khususnya asap.

“Mereka juga ingin melihat potensi di Palembang yang bisa dikembangkan menjadi usaha-usaha, Pemkot sendiri, Sudah menawarkan supaya mereka (tim konsulat) juga bisa mengembangkan kawasan tepian sungai Musi sesuai masterplane kota Palembang,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam waktu dekat mereka juga bakal mengundang Walikota Palembang untuk memaparkan potensi yang ada di Palembang. “Pada saatnya kita diundang mereka sudah mempersiapkan pengusaha yang bakal berinvestasi. Tim konsulat juga ingin melihat secara langsung potensi Palembang. Namun untuk jumlah investasinya sendiri belum bisa disebutkan,”tukasnya. (Supardi)

Komentar

Berita Lainnya