oleh

Sempat Dikoreksi, Surat Suara untuk Pilkada Basel Mulai Dicetak

BAWEN – Logistik surat suara untuk Pilkada Kabupaten Bangka Selatan (Basel) siap dicetak PT Temprina Media Grafika setelah melalui rangkaian proses koreksi kemudian disetujui oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel pada Rabu (18/11) malam.

Seperti diungkapkan Ketua KPU Basel Amri ditemui di Kantor Percetakan PT Temprina Media Grafika, Jl Soekarno Hatta, Lingkungan Kawasan Industri Marahrejo, RT 05/08, Marakrejo, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

“Hari ini kita telah melakukan persetujuan atas master surat suara untuk naik cetak sekitar jam 17.00 tadi, alhamdulillah sudah ditandatangani. Namun sebelum itu, kita sempat melakukan beberapa koreksi pada hasil cetakan sementara,” ujarnya.

Adapun beberapa koreksi yang dimaksud meliputi nama-nama paslon serta warna di surat suara sesuai spesimen yang dikeluarkan KPU Basel. Usai dikoreksi dan disetujui surat suara itu akan dicetak pada pukul 19.00.

Setelah selesai dicetak diperkirakan pada Kamis (18/11) pagi, sorenya akan langsung dikemas. Nah, untuk pendistribusian surat suara akan menunggu setelah semua surat suara yang juga dipesan beberapa kabupaten di Babel selesai dicetak.

“Karena jumlah masing-masing surat suara yang dipesan masing-masing kabupaten di Babel tak banyak, maka pendistribusiannya akan digelar serentak. Ini akan kita serahkanlah kepada perusahaan dan kita akan menunggu kedatangannya nanti,” terangnya.

Amri mengatakan, segala sesuatu yang menyangkut proses pendistribusian semua ditanggung penuh oleh PT Temprina. Jadi, pihaknya tinggal menunggu kedatangan untuk mempersiapkan pengamanan bersama pihak Bawaslu dan Polres Basel.

Hal sendaa disampaikan juga Ketua Pokja Pendistribusian Logistik Bawaslu Basel Azhari. Kata dia, sebelum disetujui dan ditandatangani, memang master surat suara untuk Pilkada Basel sempat melalui serangkaian kegiatan koreksi.

“Tadi memang sempat kita koreksi karena hasil sementara tulisan kurang jelas, warna agak buram menjadi koreksi kita bersama. Makanya tadi kita sampaikan ke pihak percetakan untuk mencetak sesuai spesimen dari KPU,” kata Azhari.

Lebih lanjut, agenda selanjutnya adalah mengawasi proses pendistribusian logistik surat suara tersebut ke Gudang KPU Basel setelah nantinya dikirim ke Babel. Ini dilakukan semata-mata untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.(Devi)

Komentar

Berita Lainnya