oleh

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa III Gerakan Pramuka

PAGAR ALAM – Pada peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat propinsi Sumatera Selatan yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Pagaralam, Kamis (19/8/2021), Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Prof Dr Nyayu Khodijah SAg MSi menerima penghargaan Lencana Pancawarsa III dari Gerakan Pramuka. Penghargaan ini tertuang dalam keputusan Ketua Kwartir Daerah Sumatera Selatan nomor 12 tahun 2021.

Selain karena pengabdiannya sebagai seorang anggota Dewasa Gerakan Pramuka, Lencana ini diberikan karena Nyayu dinilai telah berjasa dan memberikan sumbangsih besar bagi perkembangan pendidikan kepramukaan, khususnya di UIN Raden Fatah Palembang. Hal ini dapat dilihat dari dukungan beliau dengan memberikan fasilitas yang baik di Gugusdepan, seperti Sanggar Bakti, sarana pendukung serta pendanaan kegiatan-kegiatan gugusdepan dalam menyelenggarakan pembinaan kepada peserta didik. Tak heran apabila kemudian Gugusdepan UIN Raden Fatah pernah dinobatkan sebagai Gugusdepan Perguruan Tinggi Tergiat di Sumatera Selatan, dan meraih prestasi-prestasi dibidang kepramukaan.

Terbaru, adalah prestasi dua anggotanya yang mendapat Lencana Pramuka Teladan, dimana salah satunya diundang oleh Kwartir Nasional untuk disematkan langsung di Jakarta yang disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia.

“Saya sangat merasa terhomat mendapatkan penghargaan ini, dan tentunya ini menjadi motivasi untuk lebih peduli memberikan dukungan terhadap pembinaan kepramukaan di UIN Raden Fatah,” ujar wanita yang aktif di dunia kepramukaan sejak tahun 1980-an ini.

Menurutnya, pembinaan generasi muda melalui kepramukaan sangat perlu dilakukan karena dengan menjalankan dan menerapkan kode kehormatan pramuka dapat menjadi solusi terkait permasalahan-permasalahan dikalangan kaum muda “Penerapan nilai-nilai dasadarma yang berkelanjutan sesungguhnya menjadi solusi dari problematika dekadensi karakter kaum muda Indonesia saat ini. Pendidikan kepramukaan telah menjadi harapan pemerinta Republik Indonesia untuk melahirkan generasi-genarasi tangguh di masa depan,” tambahnya

Lebih lanjut ia juga menyebutkan, bahwa pelaksanaan pendidikan kepramukaan di lembaga-lembaga pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi sangat perlu untuk ditingkatkan dengan melahirkan inovasi dan kreasi kegiatan yang bermutu “Gugus depan Perguruan Tinggi yang notabene diisi oleh anggota pramuka dari kalangan mahasiswa, haruslah menjadi Penggerak dan Pelopor melaksanakan kegiatan-kegiatan bermutu, modern dan berguna untuk kepentingan masyarakat namun tetap taat pada azas dan kode kehormatan Gerakan Pramuka,” lanjutnya.

“Atas apa yang didapat hari ini, semoga menjadi momentum untuk lebih berbuat yang terbaik. Apalagi saat ini UIN Raden Fatah Palembang ditetapkan oleh Kementerian Agama RI sebagai tuan rumah pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Peguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia. Saya berterima kasih kepada Kwartir Daerah Sumatera Selatan yang terus menerus memberikan dukungan dan bantuan kepada gugugusdepan kami untuk mengembangkan kepramukaan di UIN Raden Fatah,” pungkasnya

Pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat propinsi sumatera selatan ini, selain Nyayu ada juga Susi Mahmudah, salah satu anggota Pramuka UIN Raden Fatah yang menerima penghargaan Lencana Teladan Nasional yang di SK-kan oleh ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen pol (purn) Budi Waseso. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya