oleh

Protokes Covid-19 Jangan Diabaikan Selama Liburan

PALEMBANG I Libur panjang diakhir Oktober, mulai Kamis (29/10/2020) sampai Minggu (31/10/2020), membuat masyarakat memanfaatkannya untuk berlibur.

Lonjakan mulai terasa di Bandara Mahmud Badaruddin II yang meningkat menjadi 13 persen dari biasanya, dan pemesanan kamar hotel di Palembang pun mengalami peningkatan sampai 30 persen.

Hal ini membuktikan, terjadi peningkatan kunjungan masyarakat ke Sumsel, karena libur panjang pada akhir bulan ini. Apalagi, beberapa tempat rekreasi atau pariwisata memang sudah beroperasi seperti biasa, tapi kondisi tentu berbeda.

Berlibur di tengah pandemic Covid-19, Protokol Kesehatan pencegahan Covid harus tetap dijalankan. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci sabun tetap harus diterapkan.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel Yusri, bahkan mengingatkan masyarakat, untuk tidak membawa lansia saat libur.

Itu karena, mereka yang berusia 55 tahun keatas lebih rentan jika terkena Covid-19. Apalagi, jika seseorang itu sudah ada penyakit bawaan seperti hipertensi, kencing manis, sakit jantung dan lain sebagainya.

“Beda kalau remaja atau anak-anak, tingkat buat sembuh lebih tinggi,” ucapnya.

Selama berada di tempat wisata, setiap pengunjung harus benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menjaga jarak, mencuci tangan setiap memegang benda apapun dan memakai masker harus benar-benar dilakukan.

“Itu penting sekali untuk melindungi dari Covid-19,” ujarnya.

Disisi lain, Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani juga sudah sangat tanggap dengan kondisi ini. Pihaknya sudah menerjunkan tim menyambangi tempat wisata di Palembang untuk melihat langsung apakah sudah memenuhi standar protokol kesehatan atau belum.

“Petugas kita akan mengawasi dan melihat ketertiban pengunjung dan pengelola wisata dalam menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya. (Fen)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya