pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Pemprov Sumsel

Pramuka Itu Harus Jadi Garda Terdepan Kampanyekan Prokes

38
×

Pramuka Itu Harus Jadi Garda Terdepan Kampanyekan Prokes

Sebarkan artikel ini
IMG-20210803-WA0060
pemkab muba

* Tema 2021, Berbakti tiada Henti

PALEMBANG – Gubernur Sumsel sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sumsel, H. Herman Deru menghimbau agar gerakan Pramuka tetap aktif di masa pandemi. Ia bahkan berharap Pramuka dapat menjadi garda terdepan mengkampanyekan prokes di kalangan masyarakat.

Pernyataan itu dikatakan Herman Deru saat menerima Plt Ketua Kwartir Daerah  Gerakan Pramuka Sumsel Riza Pahlevi dan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pagaralam, Muhammad Fadli dalam rangka melaksanakan peringatan Hari Pramuka ke-60, Tahun 2021 di Kota Pagaralam, di Ruang Rapat Gubernur Sumsel, Selasa (3/7).

Keberadaan anggota Pramuka lanjut Herman Deru hendaknya terus menjadi teladan bagi masyarakat. Termasuk Pramuka Siaga, Penggalang maupun Penegak. Untuk terus meningkatkan eksistensi gerakan in.  Dia meminta kepada pengurus agar memasang papan nama gugus depan (Gudep) di tiap-tiap sekolah baik negeri maupun swasta.

“Bukan hanya menunjukkan keberadaan Pramuka saja. Tapi jiwa kepramukaan juga harus ditanamkan kembali ke para siswa didik,” tambah Herman Deru.

Sebagai seseorang yang paham betul dengan gerakan Pramuka, Herman Deru bahkan mengatakan bahwa sangat sayang sekali jika generasi muda tidak ambil bagian dalam gerakan ini saat maaih muda.

” Rugi sekali jika tidak ikut. Karena sebagian besar kita yang ada disini juga berkat Pramuka,” ujar Herman Deru.

Adapun terkait rencana pelaksanaan HUT Pramuka ke-60 tahun 2021 di Kota Pagaralam, Herman Deru menyarankan agar pelaksanaan dilakukan dengan sistem hybrid. Sehingga makna dan kemeriahannya tidak berkurang namun tetap disiplin protokol kesehatan.

” Pesertanya bisa dibagi ada yang daring dan ada yang offline. Dan prokesnya tetap harus ketat sehingga tidak mengurangi hikmah Ultah Pramuka itu sendiri,” jelasnya.

Begitupun kegiatan baksos rangkaian HUT Pramuka, menurut Herman Deru dapat terus dilaksanakan dengan syarat prokes yang ketat.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pagaralam, Muhammad Fadli mengatakan rencananya upacara puncak HUT Pramuka di Sunsel akan digelar di Lapangan Merdeka pada tanggal 19 Agustus. Sambil menunggu upacara puncak tersebut diadakan juga sejumlah kegiatan di antaranya anjangsana ke panti jompo dan tokoh Pramuka Sumsel, pembagian masker dan vitamin, ziarah ke makam pahlawan, tabur bunga dan pemberian vaksin.

“Tahun ini tema yang kita ambil adalah “Berbakti tanpa henti”. Kehadiran kami di sini bermaksud meminta arahan kepada Kamabida Gerakan Pramuka Sumsel, H. Herman Deru,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel, Riza Pahlevi, Wakil Ketua Kwarda Sumsel Rusli Nawi, Sekretaris Kwarda Sumsel Amriadi, Kadispora Sumsel Akhmad yusuf, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, Kurniawan, Kepala Dinas Perkebunan Sumsel, Agus Darwa, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel lainnya.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Sumsel H.Herman juga sekaligus menerima kehadiran pengurus Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sumsel.

Ketua Umum PDBI Sumsel,  Riza Pahlevi dalam kesempatan itu melakukan audiensi terkait rencana pelantikan pengurus yang rencananya akan digelar pada tanggal 21 Agustus mendatang. Pelantikan rencananya akan dilakukan di Auditorium Bina Praja.

Dalam kesempatan itu Ketua Umum PDBI Sumsel, Drs H. Riza Pahlevi, MM didampingi Wakil Ketua I PDBI Sumsel, Kapt Purn Rusman, Wakil Ketua II PDBI Mondyabony SE. S.Kom, M.Si, Wakil Ketua III PDBI Sumsel H. Masherdata Musa’i M.Si, Sekretaris Umum PDBI, Drs. H. Bambang Gunadi, M.Si. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *