oleh

Percantik Gapura, Masyarakat Kampung Ini Padukan Tiga Ornamen

OGAN KOMERING ILIR – Masyarakat yang tinggal di Kampung Tjokroaminoto, Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) swadaya untuk mempercantik gapura yang ada di kampung mereka.

Gapura yang dibuat pada tahun 2016 tepatnya di bulan januari dengan menggunakan dana swadaya saat ini kondisinya mulai kusam. Atas dasar ini, masyarakat setempat berinisatif untuk berswadaya memperbaiki gapura itu.

“Di tahun 2021 ini kita lihat untuk catnya  sudah mulai pudar, maka dari situ dengan hasil musyawarah bersama lagi kita lakukan pengecatan kembali,” kata Sumarsidi, Senin (8/2/2021).

Tidak hanya itu, masyarakat Kampung Tjokroaminoto ini mayoritas hampir 90 persen masyarakatnya dari pulau jawa sehingga untuk penambahan atau untuk mempercantik gapura ini akan dibuat lambang biduk kajang, gunung wayang dan motif Songket Palembang.

“Biduk kajang merupakan lambang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),  Gunung Wayang Jawa dan batik motif palembang, inilah perpaduan jawa dan sumatera,” jelasnya.

Disinggung mengenai dana rehab gapura, Sumarsidi mengatakan, pihaknya tetap menggunakan dana swadaya masyarakat. “Pada tahun 2016 kita pernah mengajukan bantuan ke pemerintah namun hingga sekarang tidak ada tindak lanjutnya. Kita tetap bersyukur dengan swadaya masyarakat kampung cokro gapura masih bisa kita buat dan selesai dengan kondisi yang cukup memuaskan,” pungkasnya.

Komentar

Berita Lainnya