oleh

Pemkot Palembang Segera Normalisasi Sungai Bendung

harnojoyoPALEMBANG I Wali kota Palembang mengintrusikan kepada Dinas PU BM dan PSDA untuk segera melakukan normalisasi Sungai Bendung Sekip Palembang, penyebab seringnya terjadi banjir ketika huja di  kawasan 8 ilir dan sekitarnya tidak berfungsinya lagi aliran anak sungai bendung yang berada di Jalan Sirna Raga Kelurahan 8 Ilir ini.

Wali kota Palembang, H Harnojoyo mengatakan  anak sungai yang seharusnya mengalirkan air secara lancar, justru sudah tidak berbentuk lagi, sudah tertutup dan tertimbun tanah sejajar dengan jalan. Lebih parahnya lagi anak sungai tersebut tertutup oleh dinding beton yang cukup tinggi sehingga tidak terlihat dari jalan.

Melihat kondisi ini Walikota H. Harnojoyo langsung bertindak cepat. Selain memimpin gotong royong di sungai tersebut Walikota juga langsung memerintahkan dinas terkait untuk segera melakukan normalisasi terhadap sungai bendung ini.

“Ini sudah parah sekali, tidak berbentuk sungai lagi, wajar saja Palembang ini banjir kalau sungainya saja seperti ini, untuk itu sungai ini akan segera kita normalisasi,”kata Harnojoyo saat menggelar gotong royong bersama dengan jajaran di anak sungai bendung, Minggu (10/4/2016).

Harnojoyo  tidak hanya berjanji akan melakukan  menormalisasi, namun orang nomor satu di Kota Palembang tersebut  akan melakukan penataan dikawasan  tersebut, sehingga kawasan tersebut menjadi bersih dan indah.

“Selain normalisasi tempat ini juga akan kita tata lagi, tembok sekitar sungai yang menghalangi akan kita bongkar yang diganti dengan tanaman, sehingga kawasan ini akan menjadi salah satu taman bagi warga sekitar,”ujar Politisi Demokrat ini.

Saat melakukan gotong royong Walikota menemukan tumpukan sampah yang sangat mengkhawatirkan dan bau, kondisi ini otomatis membuat aliran air tidak berfungsi, oleh karena itu kedepan bukan hanya peran Pemerintah menjaga kebersihan namun juga kesadaran warga.

Dalam kesempatan ini, selain mengerahkan alat berat untuk membersihkan sungai Walikota juga seperti biasa tidak segan-segan untuk turun bersama warga membersihkan sampah di dalam sungai.

Rohim, Warga RT 16 Kelurahan 8 Ilir menuturkan sudah bertahun-tahun sungai tersebut dalam kondisi seperti ini, sehingga ketika huja tiba daerah ini langgan banjir.

“Semua aliran daerah ini mengalir melewati anak sungai bendung ini, ya seperti ini lah hujan dikit langsung banjir karena kondisi sungainya sudah sangat parah, tidak ada lagi tempat untuk air mengalir, Alhamdulillah kalau pak wali akan segera menormalisasi sungai ini, mudah-mudahan tidak banjir lagi,”ujarnya. (Supardi).

Komentar

Berita Lainnya