pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Pemkot Palembang Kembali Launching Event Tahun 2024

85
×

Pemkot Palembang Kembali Launching Event Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Palembang – Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Pariwisata (Dispar) kota Palembang kembali Launching Calender of Charming Events Palembang Tahun 2024.

Diketahui, bahwa Launching Calender of Charming Events Palembang Tahun 2024 ini telah digelar untuk keempat kalinya dan akan diselenggarakan besok, Sabtu (24/02/2024) di Kambang Iwal Family (KIF) Park dengan tema Collaboration of Diversity

“Makna tema kali ini adalah penyelenggaraan beragam event seni, budaya, agama, hobi dan olahraga dengan semangat kebersamaan serta kolaborasi semua unsur Pentahelix Pariwisata Kota Palembang,” kata Kepada Dinas Pariwisata kota Palembang, Kgs Sulaiman Amin kepada awak media, Jumat (23/2/2024).

Dijelaskan Sulaiman Amin, setelah dilakukan proses pengumpulan event dan proses kurasi, pihaknya akhirnya berhasil mengumpulkan sebanyak 125 event yang akan dikemas dalam balutan seni budaya, olahraga dan ekonomi kreatif dan akan diselenggarakan di Kota Palembang sepanjang tahun 2024.

“Jumlah ini meningkat lebih banyak dibandingkan event yang dilaunching pada tahun 2023 lalu,” ujarnya.

Selain itu, Sulaiman Amin juga mengatakan bahwa telah dipilih sebanyak 10 event yang berhasil masuk ke dalam TOP 10 Calender of Charming Event Palembang 2024.

“10 event itu yakni Perayaan Cap Go Meh Pulau Kemaro, Ziarah Kubro, Festival Sriwijaya, Pemilihan Bujang Gadis Palembang, Palembang Expo, Sepekan Seni Palembang, Sriwijaya Lantern Festival, Ampera Tourism Run, Palembang Half Marathon dan Festival Perahu Bidar Tradisional,” jelasnya.

Sulaiman Amin juga mengungkapkan, bahwa saat ini sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif kota Palembang telah mengalami pemulihan yang signifikan sejak Pandemi Covid-19 berakhir 2022 lalu.

“Melalui datanya, angka kunjungan wisatawan mengalami peningkatan pada tahun 2023 sebanyak 2.011.058 kunjungan untuk ke kota Palembang, dan itu naik lebih dari 35 persen dari tahun 2022 yang di angka 1.542.485 kunjungan wisatawan,” ungkapnya.

Masih dikatakan Sulaiman, kenaikan angka kunjungan wisatawan itu tersebut juga berdampak terhadap perekonomian kota Palembang, khususnya kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pariwisata, yakni pajak hotel, pajak restoran dan pajak hiburan serta serta pajak reklame pada tahun 2023.

“Dan itu sebesar lebih dari 30 persen atau senilai Rp. 344.018.249.523. Capaian itu tentunya tidak lepas dari kerja keras semua pihak terutama Pentahelix Pariwisata, yakni unsur Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintahan dan Media dalam membangun pariwisata kota Palembang,” paparnya.

Bahkan, lanjut Sulaiman, Pada 27 Januari lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia telah meluncurkan 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024 yang telah dikurasi dari seluruh Provinsi di Indonesia.

“Dan Provinsi Sumatera Selatan menyumbang 2 event Nasional, yakni Festival Sriwijaya dan Festival Perahu Bidar Tradisional untuk pertama kalinya masuk dalam kalender event nasional yang semuanya akan diselenggarakan di kota Palembang,” ungkapnya.

“Dalam Launching Calendar of Charming Events Palembang 2024 ini akan menghadirkan beberapa penampilan spesial yaitu penampilan tim tari Politeknik Pariwisata Palembang, Fashion Show Putri Anak Remaja Sumsel, Sendra Tari Collaboration of Diversity,
Penampilan Trio Dispar, Penampilan Artis Fania Dangdut Academy dan Sahara berkolaborasi dengan Orkes F2 Mini,” ucapnya.

Dengan dilaksananakannya launching ini, lanjut Sulaiman, diharapkan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi dan pariwisata daerah serta semakin gencar pula kampanye gerakan nasional bangga berwisata di Indonesia yang disampaikan oleh presiden Joko
Widodo dalam video sambutannya pada saat launching Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 untuk mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri, sehingga angka kunjungan wisatawan dapat meningkat yang tentu hal ini menjadi efek berganda atau multiplier effect bagi semua industri dan masyarakat di Kota Palembang.

“Selain itu diharapkan juga, para pengelola dan pelaksana event dapat
terus berlomba-lomba memperbaiki kualitas dan kuantitas event-event yang akan mereka laksanakan sehingga bisa menjadi event yang berskala nasional maupun internasional,” ucapnya.

“Pada akhirnya, kita semua mengharapkan dukungan semua pihak khususnya media cetak, elektronik dan media sosial untuk dapat mempublikaskan dan mempromosikan 125 event sepanjang tahun 2024 yang terangkum dalam Calendar of Charming Events Palembang 2024,” tungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *