pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Nasional

Pandemi Tak Matikan Kreasi

53
×

Pandemi Tak Matikan Kreasi

Sebarkan artikel ini
IMG_20201101_060130-1140x815
pemkab muba

Beritamusi.co.id –Meski sempat terseok-seok di awal pandemi, kini berbagai sektor mulai terbiasa menjalankan aktivitasnya di tengah wabah dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini salah satunya seperti yang dilakukan oleh para seniman yang tak gentar menggelar kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional.

Kegiatan ini, menurut Presiden Joko Widodo menjadi bukti bahwa pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang bagi pekerja seni untuk tetap berkreasi.

“Pekan Kebudayaan Nasional menjadi bukti bahwa para budayawan dan para pekerja seni di seluruh Tanah Air tidak mau tunduk oleh pandemi Covid-19, tidak mau menyerah oleh kesulitan dan tantangan yang dihadapi,” ujar Jokowi saat membuka Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2020 secara virtual dalam video yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Sabtu malam (31/10/2020).

Menurut Jokowi, di saat pandemi seperti ini, seluruh pihak tidak boleh menyerah dengan tetap berkreasi dan bergerak maju membangun memori masa depan yang lebih baik. “Terus berkreasi terus optimis terus bergerak maju membangun memori masa depan yang lebih baik. Tidak peduli apa sukunya, apa agamanya, asal daerahnya, semua berupaya meletakkan satu batu bata budaya, untuk membangun peradaban Indonesia Maju,” ujarnya.

Dia menyebut, sikap optimistis dan pantang menyerah bangsa terbentuk dari tantangan alam dan kondisi geografis Nusantara. Terlebih, kata Jokowi, negara Indonesia juga berdiri di atas cincin api yang membuat negeri kita harus selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

“Semua ini adalah tantangan yang nyata dan selama berabad-abad, nenek moyang kita berusaha bersahabat dengan semua tantangan itu dan menjaga harmoni dengan alam lingkungan, membangun kebudayaan dan nilai-nilai keutamaan di atasnya.Itulah yang membuat bangsa Indonesia tangguh, menghargai perbedaan, kreatif, dan kaya budaya,” kata dia.

Di tengah pandemi seperti saat ini juga, kata Jokowi, memori budaya masyarakat tangguh bencana kembali hidup. Lebih dari delapan bulan masyarakat terus memupuk rasa solidaritas gotong royong dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi.

“Banyak masyarakat juga kembali berupaya menghidupkan kearifan lokal seperti mengangkat lagi jamu-jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh,” ucap Jokowi.

Kemudian kata Jokowi, banyak budayawan juga terus berkreasi untuk menghibur masyarakat agar tetap kuat dalam menghadapi pandemi. “Banyak budayawan dan pekerja seni juga terus berkreasi agar tubuh masyarakat tetap kuat karena terhibur, tenang dan tidak panik. Semuanya bekerja untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia dan bumi Nusantara,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengajak seluruh pihak untuk terus berkarya dan menggali kearifan lokal untuk memperkuat kemampuan kita dalam menghadapi bencana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Mari kita terus berkarya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mari terus menggali kearifan lokal untuk memperkuat kemampuan kita dalam menghadapi bencana. Mari kita terus menjaga bumi kita dengan sehormat-hormatnya,” katanya. (Fn)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *