oleh

Kepala Diskominfo Sumsel : Literasi Media Diperlukan di Masa Pandemi

Beritamusi.co.id – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumsel H Achmad Rizwan, S.STP., MM., menjadi narasumber webinar jurnalistik nasional dengan tema literasi media “cerdas di tengah banjir informasi”, dipusatkan di Command Center Bina Praja Kantor Gubernur Sumsel, Sabtu (31/10/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gelora Sriwijaya dengan tujuan agar masyarakat, khususnya mahasiswa dapat menerima dan mengelola informasi dengan baik dan terhindar dari hoaks.

Dalam paparannya, Rizwan menjelaskan bahwa literasi media sangat diperlukan terutama di masa pandemi saat ini. Dengan minimnya informasi yang valid seputar mewabahnya pandemi corona membuat masyarakat bingung dengan informasi yang diterima di berbagai media.

“Untuk itulah, Pemprov Sumsel sebelum pandemi Covid-19 masuk ke Sumsel telah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat melalui berbagai media, baik media cetak, elektronik, online dan media luar ruang. Gubernur Sumsel sangat aktif dalam menyebarkan informasi terkait pandemi Covid-19, baik melalui imbauan, sosialisasi baik design grafis, video, baleho, spanduk, bahkan moviani, mobil yang dilengkapi dengan audio visual,” terangnya.

Menurut dia, semua disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, bahkan bahasa daerah. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat dapat dengan mudah mengerti pesan yang disampaikan.

Untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi, Pemprov Sumsel pada tahun 2019 telah menginisiasi program internet desa di 51 desa, fasilitas Internet gratis dari Gubernur Sumsel.

“Disaat siswa dituntut untuk belajar daring, keberadaan internet desa sangat dirasakan manfaatnya. Dengan fasilitas internet desa, masyarakat terutama siswa dapat mencari informasi seluas luasnya. Seperti beberapa hari lalu Gubernur melaunching booster sinyal yang diciptakan oleh siswa SMK Sumsel yang menjawab permasalahan lemahnya sinyal di suatu daerah,” jelasnya.

Hal ini akan membantu masyarakat terutama di daerah Blank spot.

Dia juga menekankan bahwa semua kalangan harus cerdas dalam menerima informasi, harus rajin cek ricek berita, mencari sumber lain dan rajin mengikuti semua kegiatan literasi untuk menambah wawasan. (sriwijayamedia.com)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya