pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Menparekraf Tandatangani Penganugerahan Desa Wisata Terbaik

92
×

Menparekraf Tandatangani Penganugerahan Desa Wisata Terbaik

Sebarkan artikel ini
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Resmikan Desa Terong dengan menandatangani prasasti penganugerahan Desa Wisata
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Bertempat di Meeting Point Wisata Aik Rusa Berehun, Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Resmikan Desa Terong dengan menandatangani prasasti penganugerahan Desa Wisata Kreatif, Jumat (02/06/23) sebagai salah satu dari 75 Desa Wisata Terbaik ADWI di Indonesia tahun 2023.

Salah satu Binaan Bakti Bank Central Asia (BCA) sejak tahun 2018 ini adalah destinasi Aik Rusa Beruhun, desa Terong, Kabupaten Belitung. Dimana dahulunya merupakan lokasi tambang timah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Namun seiring waktu dan zaman tempat tersebut akhirnya sudah tidak beroperasi lagi.

Akhirnya bekas tambang masyarakat tersebut dimanfaatkan oleh Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) bersama masyarakat menyulap kolam bekas tambang timah ini menjadi destinasi wisata.

Selain Aik Rusa Berehun, Desa Wisata Kreatif Terong juga memiliki kawasan hutan mangrove dan pantai yang menghampar luas. Lokasi ini biasa dijadikan berbagai aktivitas wisata edukasi menanam mangrove, ngeremis atau mengumpulkan kerang remis, mancing, telusur mangrove, spot foto sunset, serta wisata nyulo yang merupakan cara tradisional mencari ikan, udang, dan kepiting di malam hari.

Desa Wisata Kreatif Terong juga memiliki potensi di sektor ekonomi kreatif. Mulai dari seni tari dan ragam budaya seperti makan Bedugalang. Desa wisata ini juga memiliki ragam suvenir baik kuliner maupun kriya serta fashion.

Menparekraf berharap dengan potensi yang berkelas dunia itu ia mendorong agar Pokdarwis bersama Pemerintah Kabupaten serta Pemerintah Provinsi dapat mendorong hadirnya event-event berkelas dunia. Mulai dari olahraga, musik, budaya, sejarah, dan lainnya sehingga bisa menarik wisatawan internasional.

“Ini sangat luar biasa, semua bergandengan tangan mengubah dari tambang timah yang dikonversi menjadi desa wisata. Ini sebuah prestasi dari sebuah masalah karena dari bekas tambang menjadi berkah dan menghasilkan rupiah,” ujar Sandiaga.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Terong Suhaimi disela-sela kesibukannya mengatakan, ini merupakan kali kedua Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Terong.

“Ini merupakan kedua kalinya Menteri Pariwisata berkunjung ke Desa Terong. Dimana pada tahun 2021 lalu dalam rangka acara UMKM. Nah, untuk tahun ini Menteri meresmikan Desa Terong Menjadi desa wisata terbaik dari 75 desa lainnya di Indonesia,” kata Suhaimi.

Tidak sampai disitu saja, Kades berkomitmen destinasi wisata di desa Terong akan terus dikembangkan. Baik fasilitas, kualitas hingga alam dan budayanya.

“Insya Allah dengan adanya dukungan bantuan CSR, baik dari BCA, PLN dan Pelindo kami akan berkomitmen menjadikan dan mempertahankan destinasi Desa Terong ini menjadi destinasi wisata desa terbaik, baik kemajuan fasilitas hingga lainnya,” Kata Suhaimi.

Dimana selama 3 (tiga) tahun berjalan Desa Terong telah mengumpulkan dana bantuan sebanyak 1.3 Milyar untuk pembangunan desa wisata yang ada di Desa Terong itu sendiri.

“Alhamdulilah, selama 3 (tiga) tahun itu, Desa Terong telah mengumpulkan dana sebanyak 1,3 Milyar untuk pembangunan wisata di Desa Terong itu sendiri,” tutup Kades.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *