pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita

Let’s Do It! World Asia Conference 2024: Membangun Jaringan dan Inspirasi untuk Kebersihan Lingkungan Asia

62
×

Let’s Do It! World Asia Conference 2024: Membangun Jaringan dan Inspirasi untuk Kebersihan Lingkungan Asia

Sebarkan artikel ini
Let's Do It! World Asia Conference 2024_ Membangun Jaringan dan Inspirasi untuk Kebersihan Lingkungan Asia
Meirifa Khairunnissa, Leader World Cleanup Day (WCD) Sumatera Selatan. Foto: Istimewa.
pemkab muba

Penang, Malaysia – Langit biru Penang menjadi saksi bisu pertemuan para pejuang lingkungan dari berbagai penjuru Asia. Di bawah naungan Let’s Do It! World Asia Conference 2024, mereka berkumpul untuk berbagi ide, pengalaman, dan aksi nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

Meirifa Khairunnissa: Dari Prabumulih Melangkah ke Asia

Salah satu delegasi yang menarik perhatian adalah Meirifa Khairunnissa, Leader World Cleanup Day (WCD) Sumatera Selatan. Sosok perempuan inspiratif ini telah malang melintang dalam dunia aktivisme lingkungan sejak lama. Jejaknya dimulai di kota kelahirannya, Prabumulih, di mana dia menjabat sebagai Leader WCD Kota Prabumulih pada tahun 2019. Dedikasi dan kegigihannya membawa Meirifa ke jenjang yang lebih tinggi, mengantarkannya menjadi Leader WCD Sumatera Selatan sejak tahun 2021.

Semangat Meirifa tak berhenti di situ. Pengetahuannya terus diasah dengan menempuh pendidikan di Universitas Sriwijaya. Perpaduan ilmu dan pengalaman lapangan menjadikannya sosok yang mumpuni dalam memimpin gerakan WCD di Sumatera Selatan.

Berbagi Pengalaman dan Merajut Jaringan

Konferensi ini menjadi wadah bagi Meirifa untuk menuangkan pengetahuannya dan belajar dari para pemimpin WCD dari negara-negara lain. Dia mengikuti berbagai sesi diskusi dan pelatihan, termasuk Volunteer Management System, Youth Forum, dan Q&A dengan pembicara panel. Tak hanya itu, dia juga berkesempatan untuk melihat langsung praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan sampah dan aksi bersih-bersih di Dataran Queensbay, Penang.

Salah satu momen berkesan bagi Meirifa adalah saat mengikuti Youth Forum. Di sana, dia berdiskusi dengan para pemuda dari berbagai negara Asia tentang peran mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan. Diskusi ini menghasilkan berbagai ide dan cara nyata yang dapat diberdayakan oleh pemuda untuk berkontribusi secara dinamis, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

Membawa Pulang Inspirasi untuk Indonesia

Bagi Meirifa, konferensi ini tak hanya membuka wawasannya tentang praktik-praktik terbaik pengelolaan sampah di negara lain, tetapi juga memperkuat tekadnya untuk terus berjuang di Indonesia. Dia bertekad untuk membawa pulang ilmu dan pengalaman yang diperolehnya dan menerapkannya dalam program-program WCD Sumatera Selatan.

“Saya ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mendorong aksi nyata dalam pengelolaan sampah,” ujar Meirifa dengan penuh semangat.

Bersatu untuk Masa Depan yang Lebih Bersih

Let’s Do It! World Asia Conference 2024 menjadi pengingat bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Para pemimpin WCD dari berbagai negara Asia telah menunjukkan komitmen mereka untuk membangun jaringan dan kolaborasi yang kuat. Kini, giliran kita untuk mengambil peran dan berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih bersih dan berkelanjutan untuk generasi mendatang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *