oleh

Kiat Aman Melepas Masker untuk Hindari Terpapar COVID-19

Beritamusi.co.id | Memakai masker menjadi salah satu cara yang efektif untuk hindari penularan COVID-19. Saat ini masker sekali pakai pun sudah banyak beredar di pasaran. Agar berfungsi efektif, perhatikan cara penggunaan, terutama cara melepas masker sekali pakai dengan benar.

Epidemiolog dari Universitas Sriwijaya yang juga Tim Ahli Satuan Tugas COVID-19 Sumatra Selatan, Iche Andriani Liberty menyarankan agar melepaskan masker seluruhnya daripada diturunkan ke bawah dagu. Sebab, ketika masker berpindah ke dagu yang tidak tertutup dapat berpotensi terpapar virus yang mungkin menempel di dagu.

“Jangan ditarik ke bawah dagu ketika ingin lepas sebentar. Sebaiknya lepaskan semua benar-benar agar bagian dalam masker tidak tercemari karena akan dipakai lagi,” imbau Iche.

Sesuai panduan dari laman Satgas COVID-19 Nasional, untuk melepas masker setelah digunakan, dimulai dari tali masker di daun telinga atau yang melingkari kepala sambil tetap menjauhkan masker dari wajah dan pakaian. Hal itu untuk menghindari permukaan masker yang mungkin terkontaminasi.

Segera buang masker di tempat sampah tertutup setelah digunakan (untuk masker sekali pakai). Setelah menyentuh atau membuang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau gunakan cairan pembersih berbahan alkohol minimal 60%. (FN)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

 

Komentar

Berita Lainnya