oleh

Kabupaten OKI Targetkan Tiga Kali Tanam Setahun

Asisten II Kabupaten OKI, Heri Susanto, Ssos
Asisten II Kabupaten OKI, Heri Susanto, Ssos

KAYUAGUNG I Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan menargetkan IP 300 untuk kecamatan lempuing dan lempuing jaya.

Kepala Dinas Pertanian OKI, Syarifuddin SP MSI mengatakan, pada 2014 lahan pertanian di OKI seluas 120 ribu hektar lebih sedikit dari luas lahan pertanian tahun sebelumnya yaitu 124 Ribu hektar artinya terjadi alihfungsi lahan pertanian sekitar 4000 hektar.

Pemerintah Kabupaten OKI terus berupaya untuk mengenjot hasil produksi dengan melakukan pembukaan lahan baru sehingga pada  2016 luas areal lahan pertanian meningkat menjadi 139.735 Hektar. peningkatan ini bertambah dari  cetak sawah dan pembukaan lahan–lahan sawah baru, lahan yang selama ini tidak tertanami dan berkat semangat para petani dari dampak kemarau  lahan tidur semua hampir di manfaatkan.  “ Dari lahan itu kita memiliki target menanam dilahan seluas 195.000 hektar bagaimana caranya? Dengan IP 300 atau tiga kali tanam,”jelasnya.

Syarifudin menambahkan Produksi padi OKI tahun 2016 ini, di targetkan sebanyak  851.000 Ton,  tentu produksi ini akan kita peroleh dari  panen yang dilakukan  pada bulan  januari, maret  yang hari ini dilaksanakan di desa Sungai Belida dan desa Cahaya Maju.

Sementara itu Bupati OKI, Iskandar SE melalui Asisten II Setda OKI Heri Susanto mengatakan, pemerintah telah berkomitmen meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pertanian. Kita menargetkan IP-300 di kecamatan Lempuing dan kecamatan Lempuing Jaya bisa 100%.

“2016 Pemerintah Kabupaten OKI mempunyai banyak program, diantaranya program unggulan adalah Cetak Sawah Baru untuk Sumatera Selatan 14.700 dan 11ribunya ada di Kabupaten OKI yang tersebar di 7 Kecamatan di OKI. Untuk kedepan berarti ada tambahan areal baru sebanyak 11.000 hektar, kemudian program Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Lebak yang kita fokuskan di Desa Awal Terusan Laut Kecamatan SP Padang seluas 500 hektar,” katanya. (Romi Maradona)

Komentar

Berita Lainnya