pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Ekonomi & Bisnis

Jim Gibson : Sekolah Amerika Bisa Belajar dari SMPN 8 Bogor

50
×

Jim Gibson : Sekolah Amerika Bisa Belajar dari SMPN 8 Bogor

Sebarkan artikel ini
Jim-Gibson-dan-Lisa-May,-bersama-siswa-kelas-IX-SMPN-8-Bogor,-yang-mence...
pemkab muba
Jim Gibson : Sekolah Amerika Bisa Belajar dari SMPN 8 Bogor
Jim-Gibson-dan-Lisa-May,-bersama-siswa-kelas-IX-SMPN-8-Bogor.

BOGOR I Jajaran pimpinan  Research Triangle Institute (RTI) dari Amerika, yang dipimpin Jim Gibson, wakil presiden eksekutif dan kepala kantor RTI, serta Lisa May, wakil presiden sumberdaya manusia RTI, mengunjungi  SMPN 8 Bogor, sekolah mitra USAID PRIORITAS.

“Sekolah-sekolah di Amerika, bisa belajar penerapan pembelajaran aktif dari SMPN 8 Bogor,” kata Jim Gibson, yang terkesan setelah melihat proses pembelajaran aktif di SMPN 8 Bogor, Senin(7/3/2016).

Di kelas VIII, mereka melihat para siswa sedang berdiri antri menulis di papan tulis tentang kata atau frase dalam bahasa Inggris yang terkait pengalaman liburan mereka untuk bahan membuat laporan dalam Bahasa Inggris. Di kelas VIII lainnya, tampak para siswa sedang belajar matematika dalam kelompok kecil untuk menemukan jaring-jaring kubus dan menghitung luas kubus dari kalender bekas dan kotak bekas pembungkus balsem. Di perpustakaan, siswa kelas IX terlihat sedang asyik membaca buku bacaan seperti novel dan buku cerita. Mereka sedang melaksanakan kegiatan gemar membaca. Usai membaca, siswa secara bergantian membacakan hasil bacaannya di depan kelas.

“Pembelajaran ini sangat menarik. Siswa menjadi terbiasa memecahkan masalah dan bekerja sama dalam kelompok. Siswa juga menjadi terlatih dan percaya diri bepresentasi,” puji Lisa May.

Enam pimpinan RTI dari North Carolina, Amerika, beserta direktur program USAID PRIORITAS, Stuart Weston, terkesan melihat dampak pelatihan guru yang terjadi di kelas. Semua pembelajaran di SMPN 8 Bogor sudah menerapkan pembelajaran aktif. Siswa belajar dalam kelompok kecil, memanfaatkan media pembelajaran kontekstual yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, menghasilkan hasil karya kreatif dalam pembelajaran, mempresentasikan, dan memajangkannya di kelas.

RTI adalah salah satu pelaksana program USAID PRIORITAS, program bantuan senilai US$ 88,2 juta dari USAID untuk menyediakan pendidikan bermutu bagi siswa di Indonesia.

“Kami bangga dengan komitmen para guru di sekolah dalam memberikan pembelajaran yang bermutu kepada siswa,” tukas Stuart Weston member apresiasi kepada para guru.

Yuliani Triningsih kepala SMPN 8 Bogor, menyampaikan komitmennya untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. “Kemitraan dengan USAID PRIORITAS sangat berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.Kami akan terus bekerjasama dengan komite sekolah untuk menjaga pencapaian ini,” katanya di sela-sela kunjungan. (USAID PRIORITAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *