oleh

Herman Deru Coba Hibur Korban Kebakaran di Lahat

LAHAT – Gubernur Sumsel, H Harman Deru  mendatangi lokasi kebakaran di Rt3-4 Kelurahan Pasar Bawah,  Kecamatan Lahat,  Jumat (9/10/2020). Didampingi Bupati Lahat,  Cik Ujang  ia melintasi rumah demi rumah yang terbakar.

Tampak juga sesekali,  Deru berhenti dan memandang hamparan puluhan rumah yang kini tinggal puing. “Tak bisa dibayangkan betapa dahsyatnya api membakar rumah,” ujar Herman Deru.

Meski ikut berduka dan prihatin atas kejadian itu,  tamak Deru berusaha tegar.  Senyum, sapa dan lambaian tanganya ia berikan kepada warga yang menyambut kedatanganya.  Sesekali dia kembali berhenti dan langsung berbincang dengan warga.

Selain memantau lokasi kebakaran, Deru juga memantau dapur umum, posko kesehatan, posko bantuan dan tenda bermalam bagi korban.  Bahkan, ia menghibur dan mengajak serta anak anak menyanyi.

“Musibah ini merupakan pelajaran bagi kita semua.  Tidak satupun dari kita yang menginginkanya.  Ini bukti ketidakberdayaan manusia.  Ini cara Allah kita bukan hanya kepada korban tapi kepada pemimpin. Atau kejadian ini meruakan cara Allah agar kita terus meningkatkan ketebalan iman.  Untuk itu ini pelajaran berharalga sehingga tidak kembali terulang.  Kepada para korban agar bersabar dan mari kita bangkit,” tutur Deru.

Dia berjanji Pemprov Sumsel bersama Pemkab Lahat,  akan membantu warga yang rumahnya terbakar untuk dibangun kembali dan akan menata pemukiman sehingga kedepan lebih baik.  Tak hanya itu,  selama enam bulan warga akan ditanggung kebutuhan hidup warga.

Herman Deru juga mengintruksikan agar warga yang tertimpa musibah dimudahkan digratiskan dalam pembuatan ulang dokumen penting seperti ijazah,  SIM,  Kartu nika dan lainya.  “Saya intruksikan agar dokumen penting warga yang terbakar bisa kembali dicetak. Dimudahkan dan digratiskan,” ujar Deru.

Dalam kesempatan itu  juga, dia memberikan enam unit handphone kepada warga yang bisa menjawab pertanyaannya sekaligus sebagai hiburan bagi warga.

Ditempat yang sama,  Bupati Lahat,  Cik Ujang,  SH menyampaikan apresiasi atas kedatangan dan bantuan yang diberikan Herman Deru.  Cik Ujang,  sendiri menyampaikan Pemkab Lahat,  akan maksimal dalam membantu warga termasuk membangun ulang rumah warga,  memastikan kesehatan dan kebutahan warga.

“Kita berharap warga bersabar.  Dan untuk pembangunan kita minta warga bisa saling pengertian. Rumah kita bangun dengan bentuk sama apa tipe 36 dan 45. Yang pasti penataan pemukiman. Harus ada jalan sehingga kendaraan bisa masuk.  Bila perlu kita buatkan sarana olahraga,” sampainya.

Sebelumnya,  Minggu (4/10) pemukiman padat penduduk tersebut terbakar.  Puluhan rumah dan ratusan jiwa harus kehilangan tempat tinggal.  (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya