oleh

Gubernur Sumsel Resmikan Puluhan Infrastruktur di Kabupaten Muara Enim

MUARAENIM –Setelah menghadiri perayaan HUT PT Bukit Asam ke 40 di Tanjung Enim, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru  melanjutkan agenda kerjanya meresmikan puluhan infrastruktur  yang ditandai dengan pemukulan tambur dan pemecahan kendi, dipusatkan Desa Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim, Selasa (2/3/2021) siang.

Rampungnya pembangunan puluhan infrasturktur baik fisik maupun non fisik  di Bumi Serasan Sekundang itu diyakini  akan memberikan dampak luar biasa bagi kelangsungan jalannya roda  perekonomian  warga sekitar. Bahkan warga mengaku bersyukur dan merasa bangga  dengan telah diperbaikinya sarana infrastruktur  oleh Pemerintah Provinsi Sumsel  sejak Tahun Anggaran  2019  tersebut.

“Terima kasih kami untuk pak Gubernur Herman Deru, jalan di daerah kami sudah diperbaiki. Lalu lintas angkutan hasil panen kami  bisa cepat  dan lancar,” ungkap Armanto (45), salah satu warga desa  Cinta Kasih Kecamatan Belimbing.

Ucapan senada juga diungkapkan Tumiyati (54), yang menyebut sebelumnya ruas jalan di daerah itu rusak parah, banyak lubang di badan jalan sehingga menyebabkan tidak lancarnya arus lalu linta. Di samping kerap kali terjadi kecelakaan. Namun setelah diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Sumsel, kondisinya kini  sudah mulus dan membuat arus lalulintas warga mencadi lancar.

“Alhamdulillah  jalannya sudah diperbaiki, dulu susah kalau lewat karena  berlumbang. Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur,”  imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Herman Deru dalam sambutanya menyebut, sekian banyak infrasatruktur yang menjadi tanggung jawab provinsi di Kabupaten Muara Enim telah rampung diperbaiki  dengan alokasi pendaan dari Pemprov Sumsel dimulai dari TA.  2019  sebesar  Rp. 71 Miliar. Sedangkan di TA   2020 lebih dari Rp 99 Miliar  dikucurkan untuk perbaikan infrastruktur di Bumi Serasan Sekundang Tersebut.

“Pembangunan bukan saja  yang fisik saja namun juga non fisik. Pendanaan yang dikucurkan  ke Kabupaten/kota juga secara berkeadilan dan proposional sesuai dengan kebutuhan daerah setempat,” katanya.

HD menjelaskan dari sekian  banyak pembangunan fisik  yang dilakukan, ada juga  pembangunan non fisik yang saat ini sangat urgensi dibutuhkan masyarakat  yaitu sinyal. Karena itu dirinya terus berupaya menjawab keingingan masyarakat tersebut dengan program internet masuk desa.

“Saya menjawab keinginan masyarakat  utamanya anak-anak sekolah yang belajar daring.  Upaya penguatan  sinyal HP yang telah kita bangun  kini sudah dimanfaatkan oleh anak-anak kita yang  sedang study from home,” imbuh HD.

Dia menyebut komitmen HDMY dalam   mendongkrak ekonomi masyarakat  melalui perbaikan infrastruktur  jalan di Kabupaten/kota  yang menjadi tangung jawab provinsi  telah dilakukan,  bahkan  hingga akhir tahun 2020 lalu sudah  90 persen selesai.

“Pembangunan yang kita jalannya tetap mengacu pada kebutuhan yakni super prioritas dan prioritas. Jalan  dusun  4 desa Cinta Kasih Kecamatan Belimbing ini menghubungkan dua kabupaten yakni Muara Enim  dan  menyambung ke Kabupaten PALI,” paparnya.

Bahkan hebatnya lagi lanjut HD akan membangunkan jalan tersebut hingga dapat menghubungkan tiga Kabupaten dan satu kota dalam waktu tempuh kurang lebih tiga jam setengah. “Tahun ini juga jalan ini akan menjadi jalan yang ramai sekali karena akan menguhubungkan tiga Kabupaten dan satu kota seperti PALI -Musirawas- Kota Lubuklinggau dan Muratara. Jadi kalau lewat sini mau Kelinggau bisa dua jam setengah dan tahun ini dibangun,” kata HD seraya minta dukungan masyarakat dari aspek keamanannya.

Di lain pihak, Plh Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar mengucapkan terima kasih atas perhatian Gubernur Sumsel Herman Deru terhadap pembangunan di Muara Enim. Dengan mengandalkan APBD Muara Enim, lanjut Nasrun tentu tidaklah cukup karena sejak Tahun Anggaran 2019 hingga 2021 ini terus di gelontorkan.

“Kami ucapkan terima kasih berkat kucuran dana mulai dari APBD Pemprov Sumsel hingga bantuan khusus gubernur jalan di Muara Enim sudah terasa sangat baik,” katanya.

Nasrun berharap pembangunan ini harus tetap dilanjutkan bahkan masyarakat Muara Enim akan terus mendukung pembangunan infrastruktur demi mewujudkan visi misi Sumsel Maju untuk Semua.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Sumsel, Dr. H. Ir. Firmansyah, M.Sc melaporkan, pembangunan ini terdiri dari Infrastruktur jalan, internet desa, pembangunan sarana dan prasarana umum, pengembangan sistem penyediaan air minum, dan lainnya.

Pembangunan infrastruktur di tahun 2019 menelan dana Rp. 71.459.622.000 sedangkan di tahun 2020 sebesar Rp. 99.194.847.011 yang berasal dari Dinas PU BM dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Sumsel, Dinas PSDA Provinsi Sumsel serta Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.

“Pada tahun 2019 terdapat 12 kegiatan pembangunan infrastruktur dan untuk kegiatan ditahun 2020 sebanyak 48 kegiatan pembangunan infrastruktur,” tutupnya. (ade)

Komentar

Berita Lainnya