oleh

Generasi Muda Harus Warisi Semangat Juang Para Pahlawan

PALEMBANG – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengungkapkan momen peringatan hari pahlawan yang diperingati tanggal 10 November setiap tahunnya. Diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi generasi masa kini. Keteladanan ditunjukan para pelahlawan yang rela berkorban demi mempertahankan kemerdekaan dari penjajah patut menjadi contoh.

“Suri tauladan yang ditanamkan para pahlawan harus kita hidupkan setiap saat. Agar generasi seperti kita ini tidak lupa dengan apa yang dicita-citakan para pahlawan,” ungkap Gubernur Herman Deru usai menjadi inspektur upacara (Irup) pada acara tabur bunga di makam pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Jalan Jend. Sudirman Palembang, Selasa (10/11/2020).

Lebih lanjut, Herman Deru mengatakan, banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengenang jasa para pahlawan salah satunya kehadirannya melakukan upacara yang bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia.

“Kemerdekaan yang dimiliki Indonesia bukanlah hadiah, melainkan dengan pengorbanan jiwa raga, pertumpahan darah dan harta benda yang telah dilakukan para pahlawan terdahulu. Semuanya dikorbankan. Maka kemerdekaan ini harus diisi dengan nilai-nilai positif dan sesuai dengan harapan para pahlawan dulu,” ujarnya.

Menurut HD, meski tatanan telah berubah, tanpa harus terjadinya perang senjata dan tombak lagi. Namun, generasi saat ini tetap harus mewarisi semangat juang para pahlawan. Yakni semangat melawan kebatilan, kebodohan dan ketertinggalan dari bangsa lain.

“Di era sekarang kita juga harus ikut berperang mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain. Caranya banyak salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan Ilmu dan Teknologi (IT) yang sejatinya merupakan alat bagi kita berinovasi dalam memajukan bangsa diberbagai bidang,” imbuh HD.

Herman Deru mengajak kalangan pemuda di Sumsel untuk tidak pernah putus ada dalam berusaha di dalam mengisi kemerdekaan. Salah satunya dengan tidak terlibat pada kegiatan negatif penyalah gunaan obat terlarang atau sejenisnya. Sebab jika hal itu dilakukan, justru bukan suatu kemajuan yang akan didapat melainkan kemunduran bagi bangsa Indonesia dimasa mendatang.

“Jadi saya ajak para generasi muda untuk terus berkarya. Melakukan inovasi-inovasi sehingga bangsa ini maju. Sebab bagaimana nasib bangsa ini kedepan tergantung dengan para generasimuda saat ini,” pungkasnya.

Hadir serta dalam upacara hari pahlwan kali ini Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Provinsi Sumatera Selatan, Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M dan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya