pemkab muba
Palembang

Gandeng Beberapa Pihak, LPKA Palembang Siap Tingkatkan Kualitas Andikpas

161
×

Gandeng Beberapa Pihak, LPKA Palembang Siap Tingkatkan Kualitas Andikpas

Sebarkan artikel ini
IMG-20220603-WA0008
pemkab muba

PALEMBANG – Guna meningkatkan kualitas pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Palembang, lakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan sejumlah pihak di Aula LPKA Kelas I Palembang, Jumat (3/6/2022).

Pihak-pihak yang ikut dalam PKS tersebut yaitu, Universitas Bina Darma Palembang, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Dinas Pendidikan Kota Palembang, dan Bank Syariah Indonesia Cabang Palembang Kenten II.

Penandatangan dilakukan oleh Kepala LPKA Palembang Hamdi Hasibuan dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto. Kemudian dengan Wakil Rektor Bidang Riset , Informasi dan Teknologi Universitas Bina Darma (UBD), Edi Surya Negara.

Selanjutnya dengan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, Achmad Syarifudin dan terahir dengan Kacab BSI Kenten, Dwi Cahyadi.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua mitra kerja LPKA Palembang, karena berbagai kemitraan tersebut berbagai prestasi diraih oleh LPKA.

Prestasi tersebut antara lain sebagai LPKA terbaik kedua saat HUT Pemasyarakatan 27 April lalu.

Harun berharap kepada Dinas Pendidikan Kota Palembang, agar sekolah SD, SMP dan SMA Negeri filial yang proses belajar mengajarnya di dalam LPKA terus dipertahankan.

Kepada Universitas Bina Darma agar dapat kiranya mengajarkan komputer, Bahasa Inggris dan kewirausahaan kepada Andikpas.

Sedangkan kepada Fakultas dakwah UIN Raden Fatah Palembang, Harun berharap agar Andikpas dapat menjadi seorang pendakwah.

Harun menjelaskan, tugas pemasyarakatan itu agar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Andikpas menyadari kesalahannnya, memperbaiki diri, menjadi insan yang taat hukum dan menjadi warga yang baik dan berguna selama dan setelah jalani pidana.

“Untuk itulah diperlukan sinergi dari berbagai pihak,” kata Mantan Kalapas Palembang tersebut.

Kepala LPKA Palembang Hamdi Hasibuan mengatakan, saat ini ada sebanyak 265 Andikpas di LPKA. Andikpas yang mengikuti sekolah formal, SD SMP dan SMA sebanyak 55 orang.

Sedangkan pembinaan yang dilakukan meliputi pembinaan kemandirian yakni sekolah formal dan non formal dan sekolah paket, bekerjasama dengan SKB Banyuasin, ada pula pelatihan las, potong rambut, desain grafis, operator computer dan pertukangan.

Serta pembinaan kepribadian yang meliputi konsling dan pendidikan mental agama, pihaknya bekerjasama dengan forum Al-Munawaroh dan Yayasan khasanah Kebajikan.

“Untuk kegiatan penyuluhan agama kita kerjasama dengan Kemenag, Yayasan Alburhan, serta Rumah Tahfiz Ki Marogan,” tegasnya. (Romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *