oleh

Enam Penambang Timah di Bangka Tertimbun Longsor, Tiga Ditemukan Tewas

LUBUK BESAR – Aktivitas penambangan di kawasan hutan Sarang Ikan Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah ‘meminta tumbal’. Tak tanggung-tanggung 6 penambang hilang tertimbun longsoran ribuan kubik tanah tambang yang longsor pada Sabtu (29/8/2020) siang.

Informasi yang berhasil dihimpun sementara, hingga Sabtu petang, belum satu pun penambang yang tertimbun di areal tambang tersebut berhasil dievakuasi. Kejadian ini sendiri menambah daftar panjang kecelakaan tambang yang memakan korban jiwa.

Pasalnya belum lama ini, kecelakaan tambang timah yang memakan korban jiwa juga terjadi di Desa Tepus Bangka Selatan. Dalam kecelakaan tambang pada pertengahan Mei 2020 tersebut 2 nyawa melayang, namun berhasil dievakuasi sehari pasca kejadian.

Informasi lainnya menyebutkan bahwa, terdapat 1 unit alat berat jenis excavator yang sedang berada di lokasi. Belum diketahui nama-nama penambang yang tertimbun di dasar tambang tersebut, namun proses evakuasi sudah langsung dilakukan beberapa saat usai kejadian.

Seorang pengusaha tambang berinisial FR disebut-sebut sebagai pihak yang bertanggung jawab atas aktivitas tambang timah. Namun hingga berita ini diturunkan Kapolres Bangka Tengah, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Slamet Ady Purnomo mengkonfirmasi telah ada 3 jasad yang berhasil dievakuasi dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Sementara 3 jasad lainnya masih sedang dalam upaya pencarian.

“Informasi awalnya begitu” jawab Kapolres singkat dalam sambungan telepon menjawab pertanyaan wartawan Sabtu (29/8/2020) malam. (doni)

Komentar

Berita Lainnya