oleh

Besok, Surat Suara untuk Pilkada Basel Dicetak

BAWEN – Ketua KPU Bangka Selatan Amri menyambangi PT Temprina Media Grafika yang beralamat di Jl Soekarno Hatta, Lingkungan Kawasan Industri Marahrejo, RT 05/08, Marakrejo, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (17/11) siang.

Kedatangan Amri bersama Sekretaris KPU Hermadi dan Komisioner Bawaslu Azhari ke perusahaan yang bergerak di bidang percetakan itu untuk menyerahkan materi berbentuk file surat suara untuk Pilkada 2020 agar dicetak ke plat master cetak.

“Alhamdulillah hari ini kita telah memantau proses percetakan surat suara untuk pilkada Basel di Temprina Media Grafika. Tadi kita sudah melihat master plat surat suara yang telah mereka buat. Besok rencananya surat suara kita itu baru dicetak,” ujar Amri.

Amri menyebut, setelah surat suara dicetak selanjutnya surat suara itu akan melalui proses pengepakan barang oleh perusahaan. Jika tidak ada halangan, surat suara yang telah dikemas tersebut baru akan didistribusikan ke Kabupaten Bangka Selatan.

“Hasil koordinasi dengan perusahaan tadi besok baru akan dicetak giliran untuk Basel karena memang antre. Nah setelah dicetak, proses selanjutnya adalah pengepakan kata mereka tadi pada hari Kamis nya. Lalu Jumat, akan didistribusikan ke KPU Basel,” ujarnya.

Amri menyebut sejauh ini tidak ada kendala yang dialami dalam proses percetakan surat suara. Namun, pihaknya tetap akan mengantisipasi hal-hal sekecil apapun yang dapat mengganggu jalannya proses percetakan sampai ke pendistribusian nantinya.

Production Planning and Inventory Control (PPIC) PT Temprina Media Grafika Fery mengatakan proses percetakan 141.653 surat suara untuk KPU Basel akan mulai dilaksanakan pada Rabu (18/11) besok. Dan akan memakan waktu selama 2 hari.

“Waktu dua hari itu dimulai dengan proses pencetakan di plat, di mesin, potong, lalu packaging. Insya allah tidak ada kendala, memang kita baru mau mulai mencetak untuk Basel karena memang ada antrean juga dari kabupaten lain yang pesan surat suara,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Pendistribusian Logistik Bawaslu Basel Azhari mengatakan pembuatan master plat untuk bahan surat suara oleh PT Temprina Media Grafika sudah sesuai dengan spesimen dari KPU. Berdasarkan hasil pengawasan yang dirinya lakukan.

“Jadi tadi kita awasi proses pembuatan master plat untuk bahan surat suara yang akan dicetak nanti dan memastikan apakah sesuai spesimen yang dari KPU. Alhamdulillah kita sudah cek bersama KPU Basel sudah sesuai apa yang direncanakan,” ujarnya.

Azhari mengungkapkan pengawasan akan terus dilakukan di tahapan logistik agar dapat mencegah hal yang dapat menganggu proses demokrasi di Basel. Dia berharap mudah-mudahan tak ada kendala dalam proses percetakan hingga ke pendistribusian ke gudang KPU Basel.(Devi)

Komentar

Berita Lainnya