oleh

Berkreasi Dimasa Pandemi Emak-Emak di Lahat Bikin Kerajinan Tas

Lahat | Diam di rumah saja pada saat pandemi covid 19 bukan berarti tidak bisa beraktifitas seperti yang dilakukan emak-emak yang tergabung TP PKK Desa Prabumenang, Kecamatan Merapi Timur, di Kabupaten Lahat dengan membuat kerajinan tangan.  

Selain untuk menghindari keluar rumah dan membuang jenuh,  kerajinan yang dilakoni juga produktif.  Terbukti,  hasil kerajinan tas yang dibuat laris terjual bahkan hingga ke Pulau jawa. 

“Ya dari pada dirumah berdiam diri jadi bosan.  Sementara saat ini kita dibatasi khususnya keramaian karena covid 19. Lebih baik kita dorong ibu ibu untuk berkreasi dengan membuat kerajinan tangan,”ujar Ketua TP PKK Desa Prabumenang,  Sutria Rahni, Kamis (12/11). 

Dikatakan, Sutria dirinya bersama sama warga baik kaum bapak bapak maupun ibu ibu PKK desa saat ini tengah menekuni kerajinan tas yang berbahan dari tali kur. Meskipun baru berjalan sekitar 3 bulan kerajinannya sudah dilirik oleh masyarakat hingga pulau jawa. 

“Kalau jadwalnya hari Senin,  Rabu dan sabtu kita buat kerajinan dari bahan tali kur.  Mulai dari Tas, dompet,  gantungan pot dan konektor tali jilbab, dengan harga mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 200 ribu paling mahal, “ungkapnya

Sutria juga mengungkapkan, kerajinan ini selain memberdayakan masyarakat desa juga dapat berdampak positif bagi pendapatan desa maupun masyarakat.  Karena hasil dari kerajinan dijual bahkan dipasarkan melalui online dan medsos, meskipun saat ini penghasilannya masih dikumpulkan dan disimpan ke dalam kas. 

“Ya begini cara kita memberdayakan masyarakat.  Memang belum menikmati hasil,  kita uji coba jual dan hasilnya dikumpulkan disimpan dan dibelikan lagi dengan bahan,” ujarnya seraya mengatakan apabila sudah maju yang ikut terlibat dalam kerajinan akan diberikan gaji. (Safitri)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya