oleh

Begini Cara PNS Empat Lawang Cari Seseran

Madani Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjabat sebagai sekretaris Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.
Madani Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjabat sebagai sekretaris Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

EMPAT LAWANG I Beragam cara bisa dilakukan untuk mencari rezeki bagi mereka yang kreatif. Salah satunya seperti usaha burung puyuh yang dijalani Madani salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjabat sebagai sekretaris Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

Warga Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tinggi ini memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk beternak burung puyuh.

Jika biasanya peternakan selalu identik dengan kesan kumuh, kotor dan bau, maka hal itu tidak akan kita jumpai dalam usaha burung puyuh milik Madani ini. Sebab, ruangan yang digunakannya persis di depan halaman rumah dan selalu dibersihkannya.

Usaha burung puyuh yang dijalani Madani saat ini diakuinya untuk mencari rezeki tambahan, lewat peternak burung yang masuk spesies famili pashianedae.

Katanya, usaha yang digelutinya saat ini mampu menghasilkan 2kg telur puyuh per hari yang dijual per kg nya Rp 30-35ribu. “Saat ini ada sekitar 150 ekor burung puyuh usaha ini saya geluti untuk mencari seseran karena kalau hanya mengandalkan gaji PNS saja tidak mencukupi,”terang Mantan Kasat Pol- PP ini.

“Coba bayangkan saja baru 150 burung puyuh saja sudah bisa menghasil 2kg telur puyuh per hari. Untuk harga 1kg berkisar 30ribu-35ribu,” ujar mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Kabupaten Kabuapten Empat Lawang.

Menurut Madani untuk memulai bisnis ternak burung puyuh ini tidak membutuhkan modal yang begitu besar bahkan dirinya hanya merogoh kocek sekitar Rp 3,5juta. “Modal saya pertama kali ini 3,5juta dengan rincian 150 ekor burung puyuh ditambah kandangnya. Itu kita sudah terima ditempat,” ungkapnya.

Dirinya berniat akan menambah jumlah burung puyuh sekitar 300 ekor dalam waktu dekat. “Kita ngambil bibitnya dari kota Lubuk Linggau. Dalam waktu dekat akan menambah 300 ekor burung puyuh lagi,” tuturnya. (Ridi)

Ilustrasi
Ilustrasi

Komentar

Berita Lainnya