oleh

Bawaslu Sebut Pengumpulan KTP di Basel untuk Kepentingan Pilkada

TOBOALI – Maraknya aktifitas pengumpulan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di masa kampanye Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus menjadi perhatian Bawaslu setempat.

Bahkan, Belum lama ini Ketua Bawaslu Basel, Sahirin mengatakan, pihaknya tengah melakukan investigasi kebenaran akan informasi aktivitas pengumpulan KTP.

Dia menyatakan bahwa benar adanya aktivitas pengumpulan KTP tersebut dan untuk kepentingan Pilkada.

“Sampai hari ini memang benar adanya pengumpulan KTP untuk kepentingan Pilkada,” ungkap Sahirin, Selasa (10/11) kepada wartawan.

Bawaslu mengaku telah melakukan pendalaman aktivitas pengumpulan KTP dengan meminta keterangan sejumlah pihak. Akan tetapi Bawaslu belum menemukan adanya unsur pidana dalam kegiatan tersebut.

“Dari keterangan satu kecamatan Toboali yang baru kami lakukan pedampingan, dan dari  keterangan orang orang yang kami panggil itu lain dari media sosial lain ketika kita panggil minta keterangan, jadi kita kan susah untuk menindak lanjutinya,” kata Sahirin.

“Ada juga keterangan bahwa itu untuk bantuan bukan untuk pasangan calon, jadi apa yang mereka sampaikan di media sosial berbeda. Ada juga kita minta keterangan salah satu BPD, tapi tidak menyebutkan hanya pikir-pikir. Dan Ada yang menyampaikan informasi KTP tidak menyebut orang dan itu tidak bisa kita tindaklanjuti karena kita mau minta keterangan apa dan siapa,” sambungnya.

Menurut Sahirin, unsur ajakan untuk memilih serta menjanjikan sesuatu kepada pemilih belum terpenuhi unsur pidana.

“Kami di Sentra Gakkumdu  dalam pembahasan awal terkait isu pengumpulan KTP untuk kepentingan  Pilkada ini harus memenuhi unsur materinya, tidak hanya menjanjikan tapi harus ada unsur materi yang disampaikan kepada pemilih. Untuk itu kami menekankan kepada panwaslu kecamatan minimal panwascam harus bisa membedakan minimal harus ada materinya tidak hanya unsur menjanjikan,”  tutur Sahirin.

Akan tetapi Sahirin menghimbau kepada Panwaslu Kecamatan untuk tidak takut menyampaikan informasi informasi awal terkait aktivitas pengumpulan KTP.

Ia menambahkan, pihaknya terus melakukan pedampingan untuk penguatan fungsi pengawasan serta fungsi pencegahan.

“Pengumpulan KTP ini akan kita  dampingi terus teman teman kecamatan sampai dengan tanggal 9 Desember. Dan sudah kita instruksikan agar teman teman kecamatan agar lebih giat. Dan bahwa sudah mulai masif pengumpulan KTP agar panwaslu kecamatan untuk tidak takut takut memohon minta pendampingan kalau memang sudah jelas informasi awalnya,” tukasnya. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya