oleh

Bawaslu Basel Pastikan Riza Herdavid Telah Kembalikan Fasilitas Negara

TOBOALI – Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan meninjau langsung fasilitas negara yang telah diserahkan Wabup Basel, Riza Herdavid ke Bagian Umum Setda kabupaten Bangka Selatan karena cuti menjadi peserta Pilkada serentak tahun 2020 sebagai calon bupati, Jumat (2/10/2020) pagi.

Dalam hal ini, fasilitas negara yang dicek meliputi 7 kendaraan dinas Wakil Bupati Bangka Selatan yang terdiri dari 6 kendaran dinas roda empat dan 1 kendaraan dinas roda dua. Serta satu unit rumah dinas.

Koordinator Divisi HPPPS Bawaslu Basel Erik mengatakan pengecekan ini dilakukan lantaran Wabup Basel Riza Herdavid maju kembali dalam Pilkada serentak tahun 2020. Sehingga harus cuti dan melepaskan semua fasilitas negara.

“Jadi semua fasilitas negara yang telah diterima beliau saat menjabat sebagai Wabup Riza Herdavid harus dikembalikan. Nah hari ini kita tinjau apakah semua fasilitas benar-benar sudah dikembalikan atau belum,” ujarnya.

Secara rinci Erik menyebutkan fasilitas yang telah dikembalikan oleh Riza Herdavid yakni 1 unit mobil jabatan dengan nomor posisi BN 5 V bersama 5 mobil operasional lainnya yang dalam keadaan baik. Juga ada 1 unit sepeda motor Honda Verzha.

“Dan tentunya rumah dinas yang telah dikosongkan oleh Riza Herdavid. Seluruh unit kendaraan dinas sudah terparkir rapi di rumah dinas Wakil Bupati Bangka Selatan dan saya liat kondisinya bagus,” tegas Erik.

Erik menegaskan jika baik kendaraan dinas maupun rumah dinas haram dimanfaatkan sampai berakhirnya masa cuti Wakil Bupati Bangka Selatan yang bertepatan pada Sabtu, (5/12/2020) mendatang.

Sementara itu, Kabag Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Deka Indra menyatakan pihaknya telah menerima kendaraan dinas ini sejak Rabu, (23/9/2020) lalu dan saat ini telah terparkir rapi.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, wakil bupati yang kembali mencalonkan diri sebagai calon bupati dan wakil maka harus meninggalkan fasilitas negara selama masa cutinya dan tak boleh memanfaatkannya.

“Alhamdulillah pak wabup kita telah menyampaikan dan menyerahkan fasilitas yang digunakan oleh beliau sebelumnya selama menjabat dan kondisi kendaraan semua dalam keadaan yang baik dan prima,” tandasnya. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya