oleh

Bantu Mitra UMKM Hadapi Pandemi Covid-19, Gojek Hadirkan Kantin Swadaya

Beritamusi.co.id | Sebagai super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek berkomitmen mendukung kesejahteraan mitra-mitranya secara berkelanjutan.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang memberi dampak kepada berbagai sektor usaha, Gojek berupaya mencari solusi kreatif untuk membuat mitranya memiliki kelenturan dalam menghadapi berbagai tantangan dan memberikan standar hidup baik melalui Program Swadaya.

Dalam Program Swadaya ini, Gojek bekerjasama dengan mitra UMKM, usaha GoFood yang tersebar di Palembang, Bandar Lampung dan Batam untuk menyediakan menu khusus swadaya dengan harga kompetitif dan tanpa mengorbankan kualitas makanan melalui Kantin Swadaya.

Di Palembang terdapat 52 Kantin Swadaya yang menyediakan makanan sehat bagi para mitra. Sementara di Bandar Lampung ada 30 Kantin Swadaya dan di Batam 31 Kantin Swadaya.

Diketahui, Kantin Swadaya merupakan kolaborasi antara Gojek di Palembang, Bandar Lampung dan Batam dengan UMKM mitra usaha GoFood dengan menyediakan paket makanan berkualitas dengan harga khusus bagi Mitra Gojek.

Kantin Swadaya ini dapat dilihat melalui aplikasi yang dimiliki driver serta mudah dijangkau karena tersebar di berbagai wilayah di ketiga kota tersebut.

Hingga akhir November 2020, jumlah Kantin Swadaya ini jumlahnya sudah lebih dari 100 kantin. Dengan bertambahnya jumlah Kantin Swadaya, secara langsung Gojek juga membantu mengembangkan UMKM mitra usaha GoFood, terutama di saat pandemi seperti saat ini. Prinsip gotong-royong inilah yang dibangun Gojek dalam ekosistemnya.

Vice President Regional Strategic Gojek Sumbagsel, Erika Agustine menyatakan bahwa program swadaya ini merupakan upaya untuk membantu daya tahan para mitra dalam menghadapi pandemi Covid-19 seiring dengan berbagai dampak ekonomi terhadap berbagai sektor usaha.

“Mitra adalah tulang punggung utama dalam semua layanan Gojek. Sama seperti pelaku usaha lainnya, para mitra pun selama masa pandemi ini menghadapi tantangan yang semakin besar. Gojek berupaya untuk mencari jalan keluar yang kreatif bagi para mitra yang berjuang. Selain membantu untuk meraih pendapatan harian yang baik, kami juga membantu mengurangi pengeluaran harian mereka dengan berbagai cara,” terangnya.

Selain meringankan beban harian mitra melalui Kantin Swadaya, kata Erika, program swadaya ini juga melindungi mitra dan memberikan mitra akses keuangan jangka panjang.

Sesuai dengan tiga pilar utama program gojek swadaya yaitu meringankan biaya harian yang berisi program yang dapat meringankan pengeluaran dan biaya operasional sehari-hari mitra driver, pilar melindungi mitra yakni program yang dapat memberikan proteksi diri dan finansial para mitra, dan serta pilar akses keuangan berisi program perencanaan keuangan jangka panjang bagi mitra dan keluarga.

Menurut Erika, sejak diluncurkan pada 2016 lalu, Program Gojek Swadaya telah memberikan dampak positif bagi para mitra driver. Program tersebut mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari mitra driver Gojek di wilayah Sumbagsel.

Terbukti hingga November 2020, sudah ribuan mitra driver di Palembang, Bandar Lampung dan Batam yang memanfaatkan program Gojek Swadaya.

“Inisiatif lain yang juga telah dilakukan Gojek di wilayah Sumbagsel adalah dengan fokus pada tiga akses utama, yakni makanan dan sembako (Food & Staples): voucher sembako Alfamart bagi Mitra Gojek; pengeluaran operasional (Operational Expenses): bantuan Komunikasi dan internet, perawatan kendaraan dan spare parts; serta perencanaan hidup (Life Planning): yaitu bantuan proteksi diri dan financial mitra melalui asuransi dan pinjaman,” jelas Erika.(SM)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya