pemkab muba
Palembang

Antisipasi Kemacetan, Pemkot Palembang Lakukan Penataan Parkir

82
×

Antisipasi Kemacetan, Pemkot Palembang Lakukan Penataan Parkir

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan mengatur penataan parkir pada malam tahun baru 2024. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang akan memadati pusat Kota Palembang.

Penataan parkir akan diatur di berbagai tempat, termasuk cafe-cafe atau tempat hiburan yang berada di kawasan jalan protokol Kota Palembang. Ini dilakukan guna memastikan bahwa tempat parkir tersebut dapat digunakan secara optimal dan tidak mengganggu kelancaran lalu lintas.

Pemkot Palembang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang menyiapkan tiga mobil derek di berbagai jalan protokol untuk menertibkan kendaraan yang parkir sembarangan, untuk mengantisipasi kemacetan yang diprediksi akan terjadi pada malam tahun baru 2024.

“Untuk penataan parkir pada malam tahun baru 2024, saya telah minta kepada Dishub Palembang untuk melakukan penertiban jika ada kendaraan yang parkir sembarangan, seperti di cafe-cafe tempat hiburan ataupun tempat lainnya yang mengganggu ketertiban lalu lintas,” kata Pj. Walikota Palembang H. Ratu Dewa, Kamis (28/12/2023).

Ratu Dewa mengatakan, pihak Pemkot Palembang melakukan penataan parkir pada malam tahun baru 2024 guna memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengguna lalu lintas.

“Semata-mata ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta pengguna jalan. Terutama di jalan protokol yang sering macet,” katanya.

Untuk mengatasi hal itu, Ratu Dewa telah meminta Dishub Palembang untuk mengerahkan personel agar berjaga di sejumlah kawasan yang rawan macet.

Kawasan yang rawan macet di Kota Palembang diantaranya, kawasan Ampera tepatnya Bundaran Air Mancur Masjid Agung, Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Cinde, Jalan Merdeka dan sebagainya.

Selain itu juga, Ratu Dewa meminta mobil derek untuk bersiap siaga jika ada kendaraan yang masih melanggar parkir liar atau tidak pada tempatnya akan segera diamankan.

“Saya kemarin-kemarin telah meminta Dishub untuk menurunkan personel di sejumlah tempat yang rawan macet dan stand by kan mobil derek untuk siap mengangkut bagi yang melanggar. Pihak Dishub telah setuju dan menyiapkan semua itu,” tuturnya.

Oleh karena itu, Ratu Dewa mengimbau warga Palembang untuk mengikuti aturan pemerintah dan menaatinya.

“Saya imbau warga Palembang agar mengikuti peraturan yang ada, seperti jangan parkir sembarangan, kalau ingin merayakan tahun baru silahkan tapi parkir pada tempatnya, dan jangan bermain petasan atau kembang api,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas Dishub Palembang, Julyanzah mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga mobil derek dibeberapa jalan protokol.

“Mobil derek ada tiga yang standby di kawasan air mancur Masjid Agung, simpang lima DPRD Sumsel, dan Posko Jalan Merdeka,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *