oleh

Angka Kematian Terus Meningkat Pemkab Lahat Intensifkan Prokes

Lahat | Terus meningkatnya angka kematian Covid 19 di Kabupaten Lahat, Bupati Cik Ujang SH melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Januarsyah Hambali SH MM, meminta seluruh stackholder untuk mengintensifkan lagi protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan saat menggelar rapat koordinasi dengan para Kepala OPD, camat dan satuan tugas penanganan Covid 19, di Oprooms Pemkab Lahat, Jumat (2/10/2020).

Menurutnya, situasi Covid 19 saat ini sudah mencapai angka 116 orang yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab dari BBLK Palembang. “12 orang meninggal dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan menambahkan, bahwa problem (masalah) yang terjadi dilapangan, seperti ada salah satu anggota keluarga yang terkonfirmasi positif, namun pihak keluarga lainnya menolak untuk swab. “Ini merupakan problem dilapangan dan akan dicari solusinya,” terangnya.

“Saat ini perusahaan menjadi cluster baru, mengingat kasus terkonfirmasi positif cukup banyak dari perusahaan perusahaan yang mendatangkan tenaga kerja dari luar daerah. Sebelumnya kita kerap himbau kepada perusahaan agar menerapkan protokol kesehatan ketat. Maka dari itu peran paling penting disini adalah camat dan puskesmas harus proaktif,” ucapnya.

Sementara,  Kepala Satuan Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten Lahat, Fauzan Khoiri Denin,  mengatakan mulai 1 Oktober 2020, operasi yustisi diperketat, dan tetap dengan nilai nilai kemanusian. Hal ini guna untuk menekan penyebaran covid 19. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat Drs H Ali Afandi MPdI yang merupakan ketua gugus tugas covid 19 mengatakan untuk dipahami masyarakat, bahwa pada saat new normal ini tetap patuh pada protokol kesehatan 3 M yakni mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dam menjaga jarak. “Pemahaman new normal,  jangan disalah artikan,  tetap selalu protokol kesehatan,” ujarnya. 

Mengenai cluster perusahaan, dirinya meminta camat dan kades lebih peka untuk mengawasinya.

Sementara,  update terakhir 1 Oktober 2020, yang dikeluarkan juru bicara tim gugus tugas covid 19 Lahat,  Taufik M Putra untuk jumlah Suspec ODP+PDP berjumlah 213 orang, sedang proses enam orang. Kemudian kontak erat total 1123 orang dan proses 274 orang. Probable 10 orang. “Untuk konfermasi jumlah, 122 orang 12 orang meninggal,  87 orang sembuh dan proses 23 orang, “terangnya.  (Safitri)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitanganpakaisabun

 

Komentar

Berita Lainnya