oleh

WHO Ingatkan Tetap Waspada Meski Vaksin COVID-19 Telah Ditemukan

Beritamusi.co.id | Berbagai negara di dunia saat sedang berusaha mengembangkan vaksin COVID-19 untuk menghentikan pandemi yang masih merebak hingga kini. Bahkan, beberapa diantaranya diketahui tak lama lagi bisa digunakan.

Meski demikian, organisasi kesehatan dunia (WHO) mengingatkan agar seluruh pemimpin negara dan masyarakat tetap waspada terhadap penularan COVID-19 meski vaksin telah ditemukan. WHO menyebut, sistem perawatan kesehatan masih bisa goyah di bawah tekanan jumlah kasus yang masih bertambah setiap hari.

“Kemajuan dalam vaksin memberi kita semua dorongan dan sekarang kita dapat mulai melihat cahaya di ujung terowongan. Namun, WHO khawatir bahwa ada persepsi yang berkembang bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers Jenewa, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (05/12).

Menurutnya, untuk menghentikan pandemi ini masih membutuhkan waktu yang cukup panjang. “Kami tahu ini merupakan tahun yang sulit dan orang-orang lelah, tetapi di rumah sakit yang beroperasi melebihi kapasitas itu yang paling sulit,” ujarnya.

Hingga kini, di sejumlah negara penularan virus Corona ini masih sangat tinggi. Hal ini tentunya memberikan tekanan besar terhadap sejumlah sektor, terkhusus pada sektor kesehatan dan ekonomi.

Sejak muncul pertama kali di Wuhan, China, pada akhir tahun lalu, virus corona telah menyebar ke 220 negara di dunia. Sejak awal tahun 2020, Cina membatasi pergerakan masyarakatnya hingga kasus bisa ditekan.

Kasus terbanyak saat ini berada di Amerika Serikat, dengan lebih dari 14,77 juta infeksi. Data yang dihimpun dari situs worldometers, 14 negara telah memiliki jumlah infeksi lebih dari 1 juta kasus. (Fn)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya