oleh

Walikota Palembang Audiensi ke BPS Sumsel Ini yang Dibahas

PALEMBANG | Walikota Palembang H Harnojoyo melakukan audiensi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel. Audiensi membahas Pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020), Satu Data .

Indonesia (SDI), dan Survei Penilaian Integritas Tahun 2019 (SPI 2019), Kamis (19/9), di Rumah Dinas Walikota Palembang.

Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih menjelaskan Survei Penilaian Integritas Tahun 2019 akan dilaksanakan di 7 kabupaten/kota di Sumsel Melibatkan tim ahli dan menggunakan sistem CAT sehingga tidak bisa diketahui entry data yang dilakukan. 

“Survei penilaian integritas Tahun 2019 akan dilakukan di 6 OPD yaitu Dishub, Dinkes, PUPR, BPPD, BPMPTSP, ULP. Tim penilai melibatkan tim internal dan 10 tim ahli (expert) dari eksternal,” Ujarnya.

Selain itu dijelaskannya tentang program Satu Data Indonesia (SDI). Menurutnya, SDI penting dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). “Melalui SDI ini maka pengaksesan data akan lebih cepat dan lebih mudah diperoleh,” ujarnya.

Dijelaskannya, pada Tahun 2020 BPS akan melaksanakan sensus penduduk. Salah satunya dengan melakukan sensus online di bulan Februari-Maret. Sensus ini dilakukan dengan menggunakan teks dan gadget.

Walikota Palembang H Harnojoyo berharap, Palembang sebagai barometer di Sumsel tidak boleh main-main dalam mengedepankan integritas pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, dalam menciptakan iklim pelayanan publik yang baik, seluruh OPD harus bersungguh-sungguh melaksanakan tupoksinya pelayanannya. 

“Terkait data Kota Palembang di berbagai bidang, kami memerlukan masukan dari BPS untuk perubahan lebih baik. Dengan masukan tersebut sehingga bisa dilakukan pembenahan, khususnya untuk memacu pertumbuhan ekonomi agar semakin meningkat,” ujarnya.

Dirinya mengimbau, seluruh OPD harus peduli dan mengedepankan integritas pelayanan. Seluruh pegawai OPD harus mengutamakan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.(Alam)

Komentar

Berita Lainnya