pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Gubernur Berharap Gedung Baru Mapolres OKI Ramah Publik

14
×

Gubernur Berharap Gedung Baru Mapolres OKI Ramah Publik

Sebarkan artikel ini
IMG-20190919-WA0073
pemkab muba

Ogan Komering Ilir | Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru berharap gedung baru Mapolres OKI ramah publik.

“Selamat kepada warga masyarakat OKI yang akan segera memiliki Mapolres baru. Kantor polisi itu harus ramah publik. Jadi ruang interaksi masyarakat  ada taman, tempat bermain hingga jauh dari kesan angker,” kata Deru saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Markas Polisi Resort (Mapolres) Ogan Komering Ilir (OKI) di Jalan Lintas Timur Kayuagung, Rabu, (19/9).

Keamanan dan ketertiban menurut Deru jadi modal utama pembangunan. Menurut dia pemerintah tidak bisa bekerja dengan baik jika kondisi keamanan dan ketahanan negara sedang goyah. 

“Jadi itu kuncinya kita ini berbagi peran. TNI/Polri menjaga ketahanan dan keamanan sementara Pemda mewujudkan kesejahteraan. Semuanya saling keterkaitan,” Ungkap Deru.

Selain kebutuhan tambah Deru pembangunan Mapolres OKI ini juga sebagai bentuk reward karena kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat OKI yang kian baik.

“Saya tau di OKI ini terkenal rawan. Tapi sekarang jauh berubah. Selain kebutuhan, Mapolres baru ini juga sebagai bentuk penghargaan. Terimakasih Pak Bupati yang sudah membantu kesediaan lahannya,” Ungkap Deru.

Senada Gubernur, Kapolda Sumsel, Irjen. Pol. Firli Bahuri mengungkap polisi modern lebih mengedepankan pencegahan.

“Prestasi penegakan hukum bukan pada berapa banyak yang ditangkap, yang ditahan. Kalau itu tolak ukurnya kita gagal” karena rakyat mempunyai egaliter yang sama dengan polisi,” Ungkap Firli yang terpilih sebagai Ketua KPK RI.

Firli juga mengapresiasi capaian kinerja kesejahteraan di Kabupaten OKI. Jendral bintang dua ini juga mengutip beberapa data pembangunan kesejahteraan warga OKI seperti Indek Pembangunan Manusia (IPM),  Kemiskinan, Pengangguran dan gini rasio.

“Saya lihat capaiannya sangat baik bahkan diatas rata-rata nasional,” Ungkap Firli.

Kinerja kesejahteraan menurut Firli berpengaruh pada keamanan dan ketahanan. “Kalau masyarakatnya sejahtera maka kriminalitas cenderung menurun,”katanya.

Sementara itu, Bupati OKI, H. Iskandar, SE mengatakan pembangunan Mapolres baru ini meningkatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

“Hari ini kita menulis sejarah untuk anak cucu. Infrastruktur ini akan dikenang keesokan hari karena perannya dalam melayani masyarakat,” ujar Bupati.

Gedung baru Mapolres OKI ini dibangun diatas lahan hibah dari Pemkab OKI.         seluas 2,9 Ha. Bangunan utama dibangun dengan dana bantuan dari Gubernur Sumsel senilai 12, 8 serta penambahan gedung SPKT, Sabhara dan Gedung Tahanan dan Barang Bukti dari Pemkab OKI senilai Rp 5 Miliar.

“Kami target pengerjaanya sekitar 3 bulan, kami komitmen tidak hanya bangunan yang bagus kinerja kepolisian di OKI juga semakin baik,” Ungkap Kapolres OKI AKBP Donny Eka Saputra.(romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *