Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Terbaru, BRI dinobatkan sebagai The Most Trusted Company dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.
Penghargaan tersebut diselenggarakan pada 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta, dengan mengusung tema Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance.
Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang terus berkembang.
“Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak dijalankan sebagai formalitas, tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari implementasi Corporate Culture di BRI. Hal ini membuat BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegasnya.
Pada tahapan penilaian dilakukan pengukuran 3 aspek yaitu struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang penganugerahan CGPI sejak tahun 2012, dimana dari tahun ke tahun skor BRI dalam penerapan GCG semakin meningkat, menunjukkan komitmen perseroan untuk penerapan GCG secara konsisten dan terus menerus hingga mencapai skor terbaik.
Dalam pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori “Most Trusted” dengan pencapaian skor tertinggi di antara seluruh peserta dalam ajang penilaian CGPI. Dengan pencapaian skor BRI sebesar 95,31 membuktikan bahwa BRI merupakan perusahaan yang dinilai memiliki praktik tata kelola yang unggul berdasarkan standar uji CGPI.
Lebih lanjut, Solichin menambahkan bahwa penghargaan ini bukan sekadar simbol, melainkan pemacu semangat untuk terus mendorong keunggulan. “BRI percaya bahwa tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai institusi keuangan yang terpercaya, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.
Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh tahapan penilaian. Dalam tahapan self assessment, terkumpul isian kuesioner sebanyak 7.300 responden yang diwakili oleh 23 pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan peserta. BRI berhasil menunjukkan konsistensi yang unggul dalam seluruh parameter yang dinilai, menjadikannya sebagai tolok ukur dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.
Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga mencakup Perusahaan Anak di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong Perusahaan Anak dalam penguatan penerapan GCG di masing- masing entitas Perusahaan Anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh Perusahaan Anak BRI dalam CGPI Indonesia Trusted Companies Award Tahun 2024 dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya.