oleh

Tuah Hidang yang Hilang, Keserakahan atas Rempah

PALEMBANG | Teater Tonggak dari Jambi akan menampilkan “Tuah Hidang yang Hilang” dalam Festival Teater Sumatera [FTS] 2021, di Taman Budaya Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, pada 11-13 November 2021.

“Tuah Hidang yang Hilang” adalah sebuah peristiwa hilangnya tuah dalam hidangan. Tuah itu hilang karena nafsu serakah manusia. 

“Tuhan telah menghidangkan berbagai macam rempah-rempah di tanah ibu yang subur makmur. Sudah semestinya habitat rempah-rempah itu dijaga dan dipelihara, agar bumi kita tetap lestari,” kata Didin Siroz, penulis naskah dan sutradara “Tuah Hidang yang Hilang”.

“Keseimbangan alam harus kita pertahankan untuk keselamatan dan kesejahteraan umat manusia beserta mahluk lainnya. Jangan serakah karena rempah-rempah masih berlimpah. Ambil dan makanlah secukupnya. Biarkan ia hidup tumbuh subur di tanah leluhur. Jangan ribut jangan berebut, jangan sampai tanah bersimbah darah, karena akan kehilangan tuahnya,” jelas Didin.

Dalam pertunjukan ini didukung lima pemain, yakni Salira Ayatusyifa, Pretty Kurnalia Sari, Ihsan Avif Pratama, Jagat Alfath Nusantara, dan Mahendra. Sementara Hendry Nursal sebagai pimpinan produksi.

Sejumlah produksi Teater Tonggak sebelumnya, antara lain “Orang Kayo Hitam”, “Salah Sangko”, “Hutan Yang Hilang”, “Menggugat Jalan Setapak Sehari”, dan “Tembang Anak Si Alang”. 

Selain pertunjukan teater, Teater Tonggak juga menggelar sejumlah kegiatan seperti workshop, diskusi seni, kegiatan seni amal, serta terlibat dalam sejumlah festival teater di tingkat nasional. (Romi)

Sutradara: 

Didin Siroz

Pimpinan Produksi: 

Hendry Nursal

Para Pemain   

  1. Salira Ayatusyifa
  2. Pretty Kurnalia Sari
  3. Ihsan Avif Pratama
  4. Jagat Alfath Nusantara
  5. Mahendra 

Produksi Teater Tonggak @2021

Komentar

Berita Lainnya