oleh

Transmisi Lokal, Dua Warga Bangka Terpapar COVID-19

Sungailiat | Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengatakan, terdapat dua warga di daerah itu terpapar positif COVID-19 dengan status transmisi lokal.

“Kedua warga yang terpapar COVID-19 masing-masing inisial Os (20) laki-laki, warga Kecamatan Pemali dimana sebelumnya yang bersangkutan diketahui reaktif dari hasil rapid test (29/9) lalu, Os pernah kontak erat dengan salah satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Boy Yandra di Sungailiat, Jumat (9/10/2020).

Kemudian, inisial E (31) perempuan, warga Kecamatan Merawang, memiliki riwayat erat dengan pasien terpapar COVID-19, inisial Sn yang saat ini menjalani perawatan kesehatan.

“Keduanya warga dengan status transmisi lokal tersebut akan segera dikarantina di Provinsi Bangka Belitung untuk mendapatkan perawatan kesehatan,” jelasnya.

Sampai Jumat (9/10), tercatat jumlah warga Kabupaten Bangka yang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 118 orang dan dinyatakan sudah sembuh sebanyak 83 orang.

Pengambilan tes usap atau swab dilakukan bagi warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebanyak dua kali, kata dia, karena ada inkubasi kuman dalam tubuh yang terinfeksi termasuk respon tubuh terhadap virus berbeda untuk masing-masing orang.

“Pengambilan test swab dua kali juga menghindari sample swab pertama yang tidak terambil atau menghindari kemungkinan terjadinya hasil negatif palsu,” katanya.

Tim kesehatan sudah melakukan tracing kepada warga yang diketahui kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19, serta melakukan sterilisasi virus dengan penyemprotan cairan disinfektan.

Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan menerapkan 3M dalam kesehariannya.

“Kepada seluruh masyarakat untuk tetap terapkan 3M yakni memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak,” imbaunya. (Egi)

 

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

 

Komentar

Berita Lainnya