oleh

Tips Agar Mainan Lego Tetap Aman & Bersih

Lego memang menjadi mainan favorit bagi anak-anak dan bisa juga menyasar kalangan remaja bahkan dewasa dengan seri Lego yang lebih kompleks. Mainan Lego memang sangat seru, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan juga saat menggunakan mainan lego city

Nantinya mainan Lego akan sering dimainkan, maka lego ini bisa saja menyimpan bakteri, kuman, dan juga virus berbahaya. Hal tersebut bisa terjadi jika memang mainan Lego tidak dibersihkan sehingga bisa tidak bagus untuk kesehatan. 

Apa lagi jika anak memasukkan mainan Lego tersebut ke mulut anak anak. Akan lebih parah lagi jika mainan Lego tersebut masuk mulut anak setelah jatuh sebelumnya di lantai yang kotor.

Maka akan sangat banyak tentunya bakteri, dan kuman yang bisa hinggap di tubuh anak. Agar bisa menjaga anak tetap aman main lego, maka berikut ini ada beberapa tipsnya. 

Gunakan air dengan suhu yang tepat

Jika kalian ingin mulai mencuci mainan Lego, maka bisa ginakan saja air hangat atau air yang bersuhu 40°C. Lalu gunakan spons atau kain lembut untuk mengusap mainan Lego tersebut. 

Perlu diperhatikan kalau temperatur lebih tinggi maka bisa dapat mempengaruhi kualitas dari mainan Lego tersebut termasuk juga mainan lainnya. 

Gunakan deterjen

Anda bisa saja menambahkan deterjen ke air untuk mencuci mainan Lego ini. Tetapi lebih baik pilih deterjen dengan kandungan yang ringan. Lalu kalau sudah, bilas dengan memakai air bersih sampai benar benar bersih.

Jangan pernah memakai apapun itu yang terkandung pemutih pada saat anda membersihkan Lego. Alasannya yaitu karena bisa merusak potongan mainan lego tersebut.

Perhatikan alat untuk mencuci mainan Lego

Hal yang perlu kalian hindari saat mencuci mainan termasuk mainan Lego ini yaitu memasukkan potongan brick lego ke mesin cuci. Hindari juga memakai pencuci piring untuk mencuci mainan lego tersebut.

Hal lain yang perlu dihindari adalah mencoba mengeringkan mainan lego dalam oven atau microwave, termasuk dengan memakai pengering rambut. Alasannya ketika mainan lego menjadi hangat atau panas dengan suhu yang terlalu tinggi, mainan ini bisa saja berubah bentuk. Pada akhirnya mainan lego mereka tidak bisa berfungsi dengan normal lagi. 

Membersihkan lebih detil

Bagi kamu yang sedang membersihkan mainan lego, maka disarankan untuk membersihkan dengan lebih detil. Untuk memulai membersihkan permainan lego, kamu perlu membersihkan satu satu.

Maka kalian harus memisahkan semua potongan mainan lego tersebut yang tadinya tersusun bersama-sama setelah disusun. Dengan tips satu ini, maka setiap bagian mainan lego akan benar-benar bersih tanpa tertinggal daerah yang luput dibersihkan.

Melakukan langkah-langkah pencucian mainan lego berikut

Kalian bisa menyiapkan tempat sampah atau baskom plastik kecil dan juga jaring-jaring untuk mengeringkan mainan lego nantinya. Kalian bisa memasukan brick mainan lego cukup banyak ke dalam baskom dan berisikan air hangat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. 

Lalu kalian bisa campurkan deterjen halus, brick Lego yang bersabun bisa dicuci berkelompok. Gunakan kantong berjaring agar bisa membersihkan bricks mainan lego dalam jumlah banyak.

Gunakan handuk selebar mungkin untuk merentangkan bricks agar mudah mengering. Kalian bisa memakai kipas angin. Jangan sampai biarkan potongan Lego terpapar panasnya pengering seperti hair dryer. Kipas angin merupakan alat terbaik untuk bisa mempercepat pengeringan mainan lego yang sudah dicuci. Sekian saja ulasan kali ini dan semoga bisa bermanfaat. 

Komentar

Berita Lainnya