oleh

Temukan Dugaan Kerugian Negara Ratusan Juta, Satreskrim Polres Basel Surati APIP

TOBOALI – Satrekrim Polres Bangka Selatan melayangkan surat permintaan pemeriksaan kepada inspektorat setempat pasca ditemukannya dugaan kerugian negara dalam penyelidikan penggunaan DAK TA 2019 pada Disdikbud.

Kasatreskrim Polres Basel AKP Daniel Albert Tampubolon mengungkapkan langkah tersebut dilakukan sebagaimana juknis dan jukrah dari Kabareskrim Polri terkait proses penyelidikan di era pandemi Covid-19.

“Jadi diarahkan terlebih dulu koordinasi dengan APIP dengan melayangkan surat permintaan pemeriksaan. Jadi sembari dalam penyelidikan, kita lihat mens rea dari para pelaku-pelaku ini,” kata Albert, Senin (17/8/2020) siang kepada wartawan.

Albert berharap, inspektorat daerah dapat selaras dengan satreskrim dalam penanganan perkara ini. Misalnya dengan menggelar sidang MP-TPTGR untuk menyelamatkan kerugian negara yang sebelumnya pernah dilakukan.

“Pelayangan surat kita ke APIP ini, memiliki batas waktu. Sesuai dalam aturan, sebatas 60 hari setelah surat dikirim. Pada waktu yang ditentukan tidak mengembalikan, perkara ini kita tingkatkan ke pidana,” terangnya.

Sebelumnya, 20 sekolah dengan rincian 29 kegiatan dan menghabiskan dana sebesar Rp6,2 miliar dilidik Satreskrim Polres Basel lantaran diduga telah terjadi tindak pidana korupsi (tipikor) pada anggaran DAK 2019.

Dalam kegiatan di 20 sekolah tersebut Unit Tipikor menemukan dugaan kerugian negara sebesar Rp807 juta lebih. Dugaan temuan ini didapat setelah menginterogasi sejumlah saksi seperti penyedia barang dan jasa.

Kemudian pihak sekolah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pengguna Anggaran (PA) dan beberapa konsultan pasca dilakukan pemeriksaan terhadap Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ). (Devi)

Komentar

Berita Lainnya