pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Tekan Resiko Kematian Ibu dan Anak Pemerintah Bentuk Forum Kepedulian

24
×

Tekan Resiko Kematian Ibu dan Anak Pemerintah Bentuk Forum Kepedulian

Sebarkan artikel ini
a
pemkab muba

Tekan Resiko Kematian Ibu dan Anak Pemerintah Bentuk Forum Kepedulian TEBING TINGGI I Terkait Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) dibawah 0-28 hari (Neo Natal) di Empat Lawang yang tergolong tinggi di 2015 lalu yang mencapai 9 AKI dan 41 AKB, bahkan di 2016 1 AKI dan 13 AKB terjadi. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, membentuk Forum Masyarakat Peduli Keselamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir.

“Kita khawatir AKI dan AKB di 2016, kita ingin tidak terjadi lagi. Makanya kita bentuk forumnya hari ini (kemarin),” ujar Kepala Dinkes Empat Lawang, M Taufik melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Nurul Aliya.

Ia menjelaskan, pembentukan forum ini terdiri dari Camat, PKK Kecamatan, Kades dan Kader. “Dengan begini forum ini bisa menjadi perpanjangan tangan. Bisa menggerakkan masyarakat untuk berobat, bisa menggerakkan ibu hamil untuk lakukan pengecekkan, dan lain sebagainya,” tutur Nurul.

Forum ini juga baru dibentuk untuk 6 Kecamatan dari 10 Kecamatan yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini. “6 kecamatan ini tinggi angka AKI dan AKBNYA, makanya kita fokus di 6 kecamatan ini, nanti kalau sukses kita kembangkan lagi sampai selesai semua kecamatan,” tegasnya.

Program ini juga, kata Nurul, pertama kali dilaksanakan di Empat Lawang. Bahkan kegiatan pembentukan forum ini juga baru kali ini dari pihak Dinkes Sumsel. “Kalau ini sukses kita laksanakan, insyaAllah AKI dan AKB dapat tertekan, dan menurun,” tandasnya.  (Ridi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *