pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Tata Kelola Hutan Berkelanjutan Melalui Program Kelekak EcoBoost: Pertamina Serahkan 20 Koloni Madu Kelulut ke Hutan Raya Tuatunu

30
×

Tata Kelola Hutan Berkelanjutan Melalui Program Kelekak EcoBoost: Pertamina Serahkan 20 Koloni Madu Kelulut ke Hutan Raya Tuatunu

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Integrated Terminal (IT) Pangkal Balam menyerahkan 20 koloni madu kelulut kepada Hutan Raya Tuatunu. Sebagai bagian dari program keberlanjutan lingkungan yang dinamakan Kelekak EcoBoost. Kegiatan ini berkerja sama dengan Kelompok Arisi Energi yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan serta melibatkan masyarakat setempat melalui upaya konservasi yang nyata dan bermanfaat.

Selain itu, program Kelekak EcoBoost juga meningkatkan produktivitas hutan secara berkelanjutan dengan memanfaatkan madu kelulut, tanpa merusak lingkungan. Madu kelulut, yang memiliki nilai ekonomi tinggi, juga berperan penting dalam penyerbukan tanaman. Ini membantu meningkatkan keanekaragaman hayati dan produktivitas hutan secara alami, memberikan manfaat besar bagi ekosistem hutan dan masyarakat sekitar.

Ketua Kelompok Arisi Energi, Widi Prayogo memberikan apresiasi dukungan yang diberikan oleh IT Pangkal Balam. Koloni madu kelulut yang disumbangkan dianggap sebagai aset berharga, memberikan manfaat besar bagi ekosistem hutan dan kesejahteraan masyarakat setempat, berharap kerjasama ini dapat berlanjut dan terus memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari IT Pangkal Balam, membantu upaya kami dalam menjaga dan meningkatkan produktivitas hutan secara berkelanjutan. Koloni madu kelulut ini akan menjadi aset berharga bagi Hutan Raya Tuatunu dan masyarakat sekitar. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat berkelanjutan,” kata Widi.

Dikesempatan yang sama, Jr. Supervisor HSSE Pertamina Patra Niaga IT Pangkal Balam, Sahbandi menyampaikan penyerahan 20 koloni madu kelulut melalui Program Kalekak EcoBoost merupakan salah satu langkah nyata dalam mendukung pelestarian lingkungan sekaligus menunjukkan komitmen Pertamina untuk berkontribusi secara positif terhadap lingkungan dan komunitas lokal.

“Penyerahan 20 koloni madu kelulut ini adalah langkah konkret kami dalam mendukung pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Program Kelekak EcoBoost adalah bukti komitmen kami untuk berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat,” kata Sahandi.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan juga menambahkan Ini sesuai dengan visi Pertamina sebagai perusahaan energi yang terdepan dan berkelanjutan, mengimplementasikan program-program TJSL yang terus berusaha untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Kami berharap penyerahan koloni madu kelulut ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain dalam upaya pelestarian lingkungan melalui program-program inovatif dan berkelanjutan,” kata Nikho.

Melalui program Kelekak EcoBoost, Pertamina bertekad untuk menjalankan operasional yang berkelanjutan dan bertanggungjawab terhadap lingkungan serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar. Hal ini merupakan bagian dari implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke 15 yaitu melindungi, memulihkan, dan mendukung penggunaan ekosistem darat berkelanjutan dan menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *