oleh

Tanda Tangani MoU dengan Dewan, IPAL Sei Selayur dan Rumah Pompa Segera Dibangun

PALEMBANG | Walikota Palembang H. Harnojoyo menandatangani Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dengan Dewan Perwakilan Rakyat Kota Palembang tentang Pelaksanaan Kegiatan Tahun Jamak Pekerjaan Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Rumah Pompa Hibah Australia di ruang Badan Musyawarah DPRD Kota Palembang, Senin (17/2/2020). Pembangunan IPAL ini akan menjadi skala pembangunan IPAL terbesar dengan total anggaran 300 miliar. 

Walikota Palembang Harnojoyo mengucapkan terimakasih atas dukungan dari DPRD Kota Palembang, terutama seluruh pimpinan dewan yang telah menandatangani nota kesepakatan ini. 

“Tanpa kerja sama yang baik, pembangunan tidak akan berjalan dengan baik pula. Mudah-mudahan berbagai harapan yang kita sepakati bersama ini dapat terwujud,” katanya. 

Ia menjelaskan ada 500 kabupaten kota yang mengharapkan bantuan hibah ini. Namun hanya Kota Palembang yang mendapatkan bantuan ini. 

“Yang lainnya hanya mendapatkan pinjaman saja. Betapa beruntungnya Kota Palembang,” tuturnya. 

Dengan segera berjalannya progres pembangunan IPAL dan rumah pompa ini diharapkan dapat membersihkan sungai sungai di Kota Palembang. Karena limbah yang ada akan masuk ke dalam IPAL sehingga sungai terbebas dari limbah.

“Dan semoga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ” katanya. 

Senada disampaikan Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin, yang meminta kepada Pemkot Palembang agar mensukseskan program multiyear tersebut.

“Tolong di sukseskan, karena dananya sudah menunggu di kemenkeu dan bisa segera digunakan,” singkatnya. 

Sedangkan menurut Kepala PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak mengatakan setelah proses pematangan lahan, progres pelaksanaan pembangunan IPAL Sei Selayur sudah memasuki tahap tender. Yang mana pembangunan IPAL ini akan memakan waktu dua tahun dengan rincian biaya sebesar 300 miliar. 

“Untuk tahap awal di tahun ini sebesar 175 miliar terlebih dahulu,” terangnya. 

Menurutnya Pembangunan IPAL yang berlokasi di sungai Selayur ini sepanjang 8 KM dengan pipa induk dari Jalan Sudirman, Ali Gatmir, Yos Sudarso, Lemabang, Mayor Zen sampai ke Selayur berkapasitas 22.000 sambungan. 

“Pembangunan IPAL ini akan mengcover 22.000 sambungan di Wilayah barat dan timur. Dengan cakupan di empat kecamatan yakni IB 1, IB 2, IT 1 dan Kalidoni,” tutupnya.(Alam)

Komentar

Berita Lainnya