oleh

Deputi Layanan Publik Sebut MPP Palembang Memiliki One Stop AreA Service Terlengkap Dman Terluas

PALEMBANG |Deputi Layanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi RI Diah Natalisa meninjau kesiapan Mal pelayanam Publik (MPP) milik pemerintah kota Palembang, Senin (17/02/2020) Mall Layanan Publik Jakabring

Dalam kunjungan nya Diah Natalisa, mengatakan, kunjungan dirinya untuk memastikan kesiapan Mall Pelayanan Publik milik Pemkot Palembang saat launching nanti.

“Pelayanan Perizinan terpadu satu pintu milik Palembang ini selalu mendapatkan nilai A bertahun tahun dalam pelayanan publik berdasarkan evaluasi kami,”kata Diah Didampingi sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa

Ia menyebutkan, MMP Palembang memiliki pelayanan terbanyak diluar pemerintahan dibandingkan MPP lainya. Begitu juga luas area MPP yang mencapai 2 hektare luasnya paling besar dibandingkan 24 MPP yang telah diresmikan serta 30 MPP dalam pendampingan.

“Yang membedakan dengan MPP lain, MPP Palembang memiliki 30 intansi di luar pemkot dan menrik seperti keberadaan, Ombusdman, Ikatan Arsitektur, Pos, BPN, kejaksaan, kemenag, Polri, Imigrasi BPJS, per Bankan, menjadi one stop service area terlengkap,”terang Diah

Adanya MPP Palembang, Diah berharap akan meningkatkan akuntabilitas dalam pelayanan publik. bagaimana pelayanan publik bersatu padu dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

“Kami berharap dengan layanan yang baik, menyebakan masyrakakat tahu jika di palembang hadir pelayanan one stop are jadi masyarakat tidak perlu kesana kemari cukup mendatangi MPP Palembang semua ada disini dalam pelayanan publik,”terang Diah

Ditempat yang sama Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa, mengatakan, kunjungan ini memastikan persiapan peresmian dan launching MPP.

“Jadi semua harus clear, ada beberapa catatan dari Deputi untuk perbaikan seperti Dinas Catatan Sipil, untuk itu kita memberikan vice besar bagi layanan Disdukcapil Palembang,”kata Dewa

Setelah ini pihaknya berasama walikota Palembang akan melakukan audiensi dengan Wakil presiden keberadan MPP Palembang.

“Berdasarkan Penilaian Deputi Menpan RB MPP Palembang Merupakan Pelayanan publik terbesar dan terlengkap,”ujarnya

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang Akhmad Mustain mengatakan, saat ini infrastruktur di MPP di Kota Palembang, telah memasuki tahap finishing.

“Infrastruktur MPP sudah 95 persen telah selesai, tinggal kesiapan OPD lain yang akan bergabung di MPP,” jelas

Adapun organisasi (OPD) di lingkungan Pemkot, yang akan memberikan pelayanan di MPP ini, katanya, Disdukcapil, BPPD, PDAM Kesbangpol, PU, Dishub, Perdagangan, Perindustrian, DLHK.

“Dari eksternal Pemkot juga ada, seperti Kepolisian untuk perpanjangan SIM, Samsat, Imigrasi, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Ombudsman, Ikatan Notaris, Pertanahan, Kemenkumham, dan ikatan arsitektur,”tuturnya.

Dipastikan mereka yang memberikan pelayanan ini, tidak dikenakan biaya sedikitpun.
“Selagi mereka memberikan pelayanan publik, tidak ada biaya sewa, dan Pemkot juga berikan fasilitas komputer, listrik, jaringan internet, selama untuk melayani masyarakat insya Allah disiapkan Pemkot,”sambungnya.

Di MPP ini ada sesuatu yang berbeda, seperti ungkap Mustain, disini disiapkan ruang konsultasi kejaksaan tersendiri, sehingga masyarakat dapat berkonsultasi mengenai hukum, dan juga diaiapkan ruang terbuka, untuk digunakan masyarakat untuk rapat ataupun aktifitas lainnya.

“Silakan jika ada masyarakat, ataupun komunitas yang mau menggunakan publik space di MPP,”ujarnya (Alam)

Komentar

Berita Lainnya