oleh

Taktik ‘Super Zidane’ yang Berjaya di Camp Nou

Zinedine Zidane (kanan) berhasil menerapkan taktik cerdas untuk membuat Real Madrid menang atas Barcelona. (REUTERS/Alessandro Bianchi)
Zinedine Zidane (kanan) berhasil menerapkan taktik cerdas untuk membuat Real Madrid menang atas Barcelona. (REUTERS/Alessandro Bianchi)

JAKARTA I Hancur 0-4 di kandang sendiri, Real Madrid berhasil membalas kekalahan di kandang Barcelona dengan skor 2-1, Sabtu (2/4) waktu setempat.

Berbicara tentang kemenangan tersebut, Pelatih Madrid Zinedine Zidane mengatakan dirinya belajar dari pelatih sebelumnya, Rafa Benitez, yang membuat Los Blancos menanggung malu di Santiago Bernabeu dengan taktik buruk pada November tahun lalu.

“Kami memiliki rencana, kami memiliki kecepatan dalam serangan balik, jadi kami menggunakan keuntungan kami,” kata penyerang Madrid Gareth Bale seperti dikutip dari Euro Sports.

“Kami jelas tahu jika anda menyerang mereka, mereka bukanlah tim dengan pertahanan terbaik di dunia. Mereka bagus dalam menyerang, jadi kami bekerja untuk itu di latihan dan terbayar sudah.”

Kehadiran Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan membuat tim tersebut memiliki lini depan menakutkan. Namun, di Camp Nou, Zidane tahu cara menangkalnya.

“Casemiro memainkan sebuah peran fundamental,” kata Zidane. “Para pencetak gol membuat perbedaan atas semuanya, kami memiliki performa besar dalam bertahan atas para pemain yang bisa merusak kami. Saya menikmati melihat pemain saya saling menolong di luar sana.”

Hal itu diamini pula oleh Marcelo yang beroperasi di lini pertahanan Madrid. Menurut bek internasional Brasil tersebut timnya menang karena mampu menahan permainan menyerang Barelona.

“Kami berutang kepada para suporter kami setelah pertandingan [El Clasico] terakhir. Tim seperti kami harus selalu berada di atas dan kami memberi segalanya untuk memberi para suporter kami bahagia.”

Kemenangan Madrid itu pun disambut dengan judul headline bombastis. Surat kabar Perancis, L’Equipe misalnya, menulis judul ‘Super Zidane‘, dan surat kabar Spanyol, Marca, memuji semangat Los Blancos. (CNN)

Komentar

Berita Lainnya