pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Ekonomi & Bisnis

Susah Terlelap? Salahkan Smartphone Masa Kini yang Tak Dilengkapi ‘Modus Tidur’

96
×

Susah Terlelap? Salahkan Smartphone Masa Kini yang Tak Dilengkapi ‘Modus Tidur’

Sebarkan artikel ini
4d68953b-2076-4e56-a568-4d42c0d8beb3_43
pemkab muba

Susah Terlelap? Salahkan Smartphone Masa Kini yang Tak Dilengkapi 'Modus Tidur'

Penggunaan smartphone mungkin sudah menjadi suatu kebutuhan hampir semua orang. Sayangnya, pada malam hari perangkat canggih ini dapat menganggu tidur.

JAKARTA | Dikutip dari BBC News, Senin (16/11/2015), sebuah studi menyarankan agar smartphone dilengkapi ‘modus tidur’ untuk melindungi penggunanya. Tanpa ‘modus tidur’ smartphone cukup menggangu tidur karena memancarkan emisi cahaya biru.

Menurut Prof Paul Gringgras dari  Evelina Children’s Hospital, Inggris, pengaturan tersebut harus mampu menyaring cahaya biru yang menyebabkan tubuh terjaga semalaman. Maka menurutnya para produsen harus bertanggung jawab atas efek yang ditimbulkan dari gelombang cahaya yang menanggu tidur seseorang.

Dalam studi yang dilakukannya, Prof Gringras dan tim menyimpulkan bahwa kecenderungan ini diakibatkan oleh perangkat baru yang memiliki ukuran lebih besar, lebih cerah, memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi dan memancarkan cahaya lebih biru.

“Memang itu sangat bagus digunakan pada siang hari, tetapi sangat mengerikan jika digunakan pada malam hari,” kata Prof Gringras.

“Tidak cukup baik untuk mengurangi penggunaan smartphone. Mereka adalah perangkat yang menyenangkan tetapi kita perlu perlindungan pada malam hari,” ujar Prof Gringras.

Cahaya biru yang keluar dari layar perangkat elektronik, seperti smartphone, tablet, dan monitor dipercaya sebagai penyebab dari gangguan tidur pada malam hari. Selain menyebabkan gangguan tidur, cahaya biru juga bisa mengganggu kesehatan. (robi/detik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *