pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Pemprov Sumsel

Sumsel Berhasil Jadi Tuan Rumah Pertikara Nasional  IV Tahun 2022

119
×

Sumsel Berhasil Jadi Tuan Rumah Pertikara Nasional  IV Tahun 2022

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Sumsel Ir  H  Mawardi Yahya
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Event Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional (Pertikara Nasional) IV Tahun 2022  di  Palembang, Sumatera Selatan telah sukses digelar dengan  membawa  banyak dampak positif   bagi kemajuan  daerah ini khususnya pada sektor  disektor  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di  Bumi Sriwijaya.

Wakil Gubernur Sumsel Ir  H  Mawardi Yahya saat menutup  Pertikaranas, Jumat (18/11) pagi  di Bumi Perkemahan Gandus, menuturkan  kegiatan Pertikaranas telah berhasil membuat roda ekonomi di Kota Palembang menggeliat dengan  pesat  yang diharapkan antinya akan lebih mendorong kembajuan pembangunan Sumsel.

“Pertikaranas ini mempunyai dampak ekonomi yang luas. Masyarakat di sekitar Bumi Perkemahan khususnya, ikut merasakan manfaatnya. Kebutuhan makan minum, pakaian, perlengkapan perkemahan, serta sarana lain yang diperlukan ikut menggerakkan roda perekonomian masyarakat terutama dikalangan UMKM,” kata Mawardi Yahya.

Lebih lanjut Wagub menegaskan  event nasional ini juga  memberikan manfaat besar bagi warga yang ada disekitar bumi perkemahan gandus.  Seperti  terbukanya akses  fasilitas jalan dan penyediaan air bersih  untuk masyarakat sekitar.

“Bukan hanya apek ekonomi tetapi  banyak aspek  lainnya yang didapatkan masyarakat seperti   fasilitas jalan, penyediaan air bersih, tempat rekreasi baru bagi keluarga, dan dampak lain yang timbul dari kegiatan pertikaranas,” imbuhnya.

Mawardi Yahya menyebut, warga  Sumsel dibuatnya bangga  dengan sukses menjadi tuan tumah  Pertikara Nasional.

“Kegiatan ini bukan hanya sukses dalam peningkatan citra gerakan pramuka dan sukses penyelenggaraan, akan tetapi juga sukses mengedukasi masyakarat tentang pentingnya gotong royong, menjaga keamanan lingkungan, memelihara kesehatan dan tentu saja pemberdayaan ekonomi rakyat, kami bangga bisa menjadi tuan rumah kegiatan ini,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Mawardi berharap  peserta  Pertikaranas mendapatkan kesan tersendiri selama mengikuti  kemah di Palembang.

“Pertikaranas ini merupakan momentum dan sejarah yang penting bagi gerakan pramuka. Karena Pertikaranas telah mampu meletakkan dasar persaudaraan yang hakiki, persahabatan yang tulus,  belajar dan bekerja tanpa pamrih, gotong royong, serta kebersamaan dalam kebhinekaan, tanpa membedakan ras, suku, adat istiadat, agama dan budaya. Sifat ini kami yakini merupakan esensi dari nilai-nilai yang dikembangkan oleh Gerakan Pramuka,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, S. IP. M.AP berkesmpatan menjadi pembina upacara dalam penutupan Pertikara Nasional ke IV.

Dalam sambutannya, Bachtiar mengungkapkan Sumsel telah berhasil menjadi tuan rumah Pertikaranas yang baik.

Menurutnya jajaran Forkopimda di Sumsel telah all out mempersiapkan sejak awal demi mensukseskan dan kegiatan Pertikaranas.

“Sumsel telah menjadi tuan rumah yang sukses, berhasil membuat para peserta kegiatan nyaman dan aman. Karena itu kami mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat khususnya pemerintah Sumatera Selatan dan TNI, Polri,” tuturnya.

Dia menyebut, kegiatan Pertikaranas diharapkan banyak menambah ilmu dan pengetahuan bagi anggota gerakan pramuka. Dan gerakan pramuka dapat memberikan regulasi kepada masyarakat banyak melalui ilmu yang didapat.

“Harapan kita bersama semua anggota gerakan pramuka bisa membantu dibidang keamanan, dan sigap dalam menangapi berbagai bencana alam,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, dia sangat mengapresiasi Gubernur Sumsel selaku Kamabida Sumsel telah menggagas Bumi Perkemahan Gandus menjadi lebih layak.

Selain menjadi tempat kegiatan bagai para anggota pramuka, Bumi Perkemahan Gandus diharapkan menjadi tempat wisata bagi masyarakat Palembang dan dimanfaatkan serta dijaga dengan baik.

“Tentunya bumi perkemahan gandus ini gagasan bagus yang dibuat oleh Pak Gubernur tentu kharus kita jaga dengan baik dan dipelihara sebaik mungkin karena ini juga bisa menjadi tempat wisata,” pungkasnya.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Waka Kwarbas/ Ketua Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma, Mayjen TNI (Purn), Yuniar Ludfi, Waka Kwarnas/ Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika, Berthold S. Sinaulan, Ketua Kwarda Sumsel, A. Reza Fahlevi, Ketua Kwarda Lampung, Hj. Chus Nuniah Chalim, Kapolda Sumsel, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan, Danlanal Palembang, Mayor Dewi.(Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *